Beri Anak Pengalaman Baru Buat Mereka Lebih Bahagia Ketimbang Mainan dan Gawai

Tak selamanya memberikan anak mainan dan gawai adalah keputusan yang tepat.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Apr 2020, 10:00 WIB
ilustrasi anak-anak sedang bermain handphone. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang tua terbiasa memilih cara mudah untuk membahagiakan anak mereka di hari istimewa dengan memberikan mainan dan gadget. Hadiah-hadiah seperti ini memang tak membutuhkan banyak pemikiran. Anda tinggal membelinya dan anak pun senang karenanya.

Sayangnya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa memiliki banyak mainan dapat mengalihkan perhatian dan membingungkan anak, bahkan menciptakan masalah ketika dewasa.

Berikut ini penjelasan mengapa memberikan pengalaman kepada anak lebih baik ketimbang membelikannya mainan seperti dilansir dari Brightside.

 


1. Terlalu banyak mainan dapat membuat anak bingung

Ilustrasi mainan anak | unsplash.com/@vbcreative

Satu studi mengamati 24 balita bermain dengan 3,12, dan 21 mainan selama 10 menit dengan jumlah yang sama. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu bermain dengan 3 mainan.

Ini membuktikan bahwa anak-anak tak butuh lebih banyak mainan untuk bersenang-senang. Idenya adalah bahwa terlalu banyak mainan dapat mengurangi rentang perhatian anak dan tak memungkinkan mereka mengembangkan imajinasi.

Sebagai hasilnya, anak-anak sulit untuk berkonsentrasi dan harus berjuang lebih keras saat dihadapkan dengan pilihan di kemudian hari.

 


2. Mainan mengurangi koneksi orangtua dengan anak

Jangan langsung dimarahi, ternyata main game pun miliki manfaat untuk tumbuh kembang anak. (Sumber Foto: Curtain News - Curtin University)

Dalam sebuah studi yang dilakukan Universitas Oxford, juga disimpulkan bahwa dengan memberikan anak mainan, orangtua menghindari menghabiskan waktu bersama mereka. Ini adalah sesuatu yang salah.

Menurut penelitian ini, anak-anak menunjukkan lebih banyak kemajuan dalam perkembangan emosional dan sosial mereka, jika mereka sering berinteraksi dengan orangtua mereka.

 

Ketimbang membelikan mainan, berikut ini ide-ide hadiah yang jauh lebih baik dan akan memberikan anak pengalaman dalam hidup mereka:

 


1. Kelas atau kursus khusus

Ilustrasi pemain orkestra. (iStockphoto)

Jika anak Anda suka bernyanyi, menari, melukis, atau berolahraga, Anda dapat menemukan kelas yang menarik dan menghibur yang menargetkan hobi anak Anda. Jika masih belum yakin apa yang disukai anak, Anda bisa mengecek kursus online yang memberikan waktu percobaan. Ini akan membantu anak menemukan hobi baru mereka.

 


2. Tradisi tahunan

Ilustrasi Wahana Bermain Air / Sumber: Pixabay

Bagaimana jika alih-alih memberikan anak Anda Ipad untuk ulang tahun, Anda membawanya berlibur ke tempat wisata? Akan ada banyak kenangan yang dapat Anda buat bersama anak sebagai sebuah keluarga. Anda juga dapat menjadikannya sebuah tradisi sehingga mereka akan menantikannya setiap tahun.

 


3. Tiket acara

Ilustrasi anak bermain (iStockphoto)

Tentunya tak harus mengunjungi tempat-tempat mahal untuk memberikan anak Anda pengalaman baru. Jika Anda dan anak adalah penggemar tim olahraga lokal, akan sangat menyenangkan bisa menonton pertandingan tersebut bersama.

Atau pilihan lainnya adalah menonton film. Anda bisa memilih untuk pergi ke bioskop atau menontonnya di rumah.

Jika Anda tak ingin terikat dengan satu kegiatan, ada juga kebun binatang dan museum. Ada banyak kegiatan di luar sana yang bisa Anda lakukan bersama.

 


4. Jelajahi area lokal bersama-sama

Ilustrasi Bermain Skateboard / Sumber: Pixabay

Cara khusus lain untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda adalah dengan menjadikan mereka penikmat lokal. Anda bisa mengajak anak ke tempat makan legendaris di tempat Anda.

Tak harus wisata kuliner, menjalajahi daerah sekitar juga bisa menjadi kegiatan yang menyehatkan. Bersepeda keliling kota atau bahkan mengajak anak Anda merasakan hiking akan menjadi pengalaman tak terlupakan baginya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya