Lebih dari 6 Ribu Orang di Kota Tarakan Diusulkan Dapat Kartu Prakerja

Kartu prakerja itu diharapkan bisa mengurangi beban para pekerja yang terdampak Covid-19 khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

oleh stella maris pada 14 Apr 2020, 10:18 WIB
Wali Kota Tarakan Khairul

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data dari asosiasi industri dan profesi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta dinas pariwisata dari 34 provinsi, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengusulkan 189.586 tenaga kerja parekraf, untuk mendapatkan kartu pra kerja.

Data usulan penerima kartu pra kerja dari sektor parekraf ini, telah melalui proses data cleansing sebelum dilaporkan ke Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian untuk dijadikan basis data penerima kartu pra kerja.

Wali Kota Tarakan, Khairul menuturkan dari semua jumlah usulan di 34 Provinsi, ada sebanyak 6.563 orang yang akan menjadi usulan Tarakan.

"Harapan saya semoga bantuan pemerintah pusat tersebut bisa mengurangi beban para pekerja kita yang terkena dampak Covid-19 khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya, Senin (13/4).

Masyarakat dan para pelaku parekraf, juga bisa mendaftar secara mandiri melalui platform www.prakerja.go.id atau kunjungi Instagram @prakerja.go.id.

Pendaftaran sudah dimulai sejak Minggu (12/4). Tidak hanya pekerja formal, tenaga kerja informal, PHK dan pekerja yang dirumahkan karena terdampak Covid-19 juga berkesempatan mendapatkan kartu prakerja. Untuk pelaku seni, federasi musisi Indonesia, Persatuan Karyawan Film dan Televisi serta pelaku ekonomi kreatif lainnya juga bisa mendaftarkan diri.

"Mereka para pekerja melakukan pendaftaran mandiri online, dipandu oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian. Kemudian, akan di verifikasi juga oleh dinas teknisnya. Sehingga, data yang didapatkan mudah-mudahan akurat karena sudah tersortir berlapis," kata Khairul.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya