Protokol Pandemi Corona di Tengah Pelantikan Wagub DKI Baru Pendamping Anies

Tidak seperti biasanya, para tamu yang menghadiri upacara pelantikan wakil Gubernur DKI kali ini saling menjaga jarak dan bermasker.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 15 Apr 2020, 14:12 WIB
Presiden Jokowi resmi lantik Ahmad Riza Patria jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi akhirnya resmi melantik Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Tidak seperti biasanya,  upacara pelantikan yang biasanya dihadiri oleh puluhan bahkan ratusan undangan, kali ini hanya dihadiri oleh tamu yang jumlahnya hitungan jari.

Prosesi pelantikan kali ini berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan di tengah masa pandemi virus corona. Terlihat Riza, Jokowi hingga para tamu tampak mengenakan masker, para tamu undangan juga tampak menjaga jarak, masing-masing jarak antar tamu sekitar satu meter. 

Tampak hadir dalam acara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua umum Partai Gerindra, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

Presiden Jokowi resmi lantik Ahmad Riza Patria jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Istimewa)

Proses pelantikan ini berjalan singkat, tidak lebih dari 30 menit, upacara sumpah jabatan selesai dilakukan dengan dipandu langsug oleh Presiden Joko Widodo.

"Bersedia saudara mengucap sumpah jabatan Wakil Gubernur DKI secara Islam?," tanya Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/4/2020).

"Bersedia," jawab Riza.

Sumpah kemudian diucapkan dan dituntaskan dengan sakral.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara," kata Riza mengikuti lafaz sumpah yang dibacakan Jokowi. 

Usai prosesi ini selesai, para tamu hadirin seperti disebutkan di atas pun mendekati Riza untuk mengucapkan selamat.

Tak ada jabat tangan apalagi cipika-cipiki. Semua hanya mengisyaratkan dari jarak aman sesuai protokol kesehatan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Taati Protokol Kesehatan

Presiden Jokowi resmi lantik Ahmad Riza Patria jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Istimewa)

Pun demikian saat proses sumpah ini, semua mengenakan sarung tangan dan masker serta berdiri berjarak satu dan yang lainnya.

Sebelumnya, Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 2022 pada Senin 23 Maret. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih suara 81 saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya