7 Gelandang Energik yang Pernah Bela Real Madrid

Berikut ini beberapa gelandang serbabisa yang pernah memperkuat Real Madrid, satu di antaranya Clarence Seedorf.

oleh Faozan Tri Nugroho diperbarui 15 Apr 2020, 18:35 WIB
Clarence Seedorf, gelandang asal Belanda selama tiga musim dari 1996-1997 hingga 1998-1999 menjadi nomor 10 di Real Madrid. (Istimewa)

Madrid - Real Madridtermasuk satu di antara klub paling sukses pada abad ke-21. Total, sekitar 90 gelar yang pernah diraih bisa menjadi bukti sahih El Real layak disebut sebagai klub terbaik di dunia.

Dalam satu dekade terakhir, Los Blancos mampu merengkuh empat trofi Liga Champions, yakni pada 2014, 2016, 2017, dan 2018. Tambahan empat gelar tersebut menjadikan Real Madrid sebagai pengoleksi terbanyak turnamen antarklub di Eropa ini dengan 13 trofi.

Kesuksesan Real Madrid tersebut tentunya tak lepas dari andil pemain-pemainnya. Klub yang bermarkas di Santiago Barnebeu itu kerap mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain-pemain berlabel bintang.

Pemain-pemain kelas elite yang pernah memperkuat Real Madrid, seperti Ronaldo Luiz Nazario de Lima, Kaka, hingga Cristiano Ronaldo. Sementara, pada awal musim ini, pemain bintang yang didatangkan El Real ialah Eden Hazard.

Demi memboyong Hazard, Los Blancos harus merogoh kocek sebesar 100 juta euro. Hanya, kendati memiliki banderol tinggi, Hazard belum bisa menunjukkan kapasitasnya seperti saat bermain untuk Chelsea.

Di sisi lain, dari sekian banyak pemain kelas dunia yang keluar masuk Real Madrid, ada beberapa gelandang yang bisa dikatakan sangat baik.

Kontribusi gelandang-gelandang tersebut tidak perlu diragukan lagi. Siapa saja pemain-pemain tersebut?

Berikut ini Bola.com merangkumnya, tujuh gelandang terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid, Rabu (15/4/2020):


Clarence Seedorf

(AFP/Dominique Faget)

Clarence Seedorf merupakan satu di antara gelandang serbaguna yang pernah bermain bersama Real Madrid. Selama empat musim memperkuat El Real, Seedorf mampu mencatatkan 159 penampilan dengan mengukir 20 gol.

Selain itu, Seedorf berhasil mempersembahkan trofi La Liga serta gelar bergengsi Liga Champions pada 1997-1998.


Toni Kroos

(AFP/Javier Soriano)

Toni Kroos bergabung dari Bayern Muenchen pada musim 2015-2016. Hingga kini, Kross masih dianggap sebagai satu di antara gelandang terbaik di dunia.

Gelandang asal Jerman ini diberkahi akurasi operan yang luar biasa. Real Madrid tentunya beruntung memiliki Toni Kroos.

Selama kurang lebih 4,5 musim memperkuat El Real, Kroos sudah mencatatkan 199 penampilan dengan menyumbang 12 gol serta tiga trofi Liga Champions.


Luka Modric

(Dok. Real Madrid)

Real Madrid mendatangkan Luka Modric dari Tottenham Hotspur pada 2012 dengan biaya 30 juta paun.

Selama berkiprah bersama El Real, Modric sudah mengantarkan klub ibu kota Spanyol itu menjadi juara Liga Champions sebanyak empat kali.

Tak hanya itu, gelandang asal Kroasia itu juga mampu meraih gelar individu bergengsi, Ballon d'Or pada 2018.


Raymond Kopa

Skuat Real Madrid yang tampil di ajang Piala Interkontinental 1960. Dari kiri ke kanan: Raymond Kopa, Hector Rial, Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Francisco Gento

Nama Raymond Kopa mungkin sedikit asing bagi pencinta sepak bola dunia. Kopa merupakan pemain yang mulai berkostum Real Madrid pada 1957.

Menariknya, pada tahun debutnya di El Real, Kopa langsung meraih trofi Ballon d'Or. Total, Kopa bermain bersama Real Madrid selama tiga musim dan berhasil mempersembahkan tiga gelar Eropa.


Ignacio Zoco

(AFP/Jose Jordan)

Seperti halnya, Raymond Kopa, nama Ignacio Zoco mungkin terdengar asing. Zoco memperkuat Real Madrid pada durasi 1962-1974.

Selama kurun waktu tersebut, Zoco mampu menorehkan 438 penampilan. Tak hanya itu, Ignacio Zoco berhasil membantu El Real merengkuh tujuh gelar La Liga dan satu trofi Piala Eropa.


Jose Pirri

Jose Pirri

Jose Pirri merupakan gelandang serbabisa yang tampil mengesankan bersama Real Madrid. Pirri bermain untuk El Real pada rentang 1964-1980. Waktu yang bisa dikatakan cukup lama.

Selama membela panji Real Madrid, Pirri memainkan 561 pertandingan dan mengemas 172 gol.

Total 15 gelar berhasil dimenangkan Pirri selama berkiprah di Real Madrid.


Zinedine Zidane

(FOTO / La Liga)

Setelah merengkuh dua gelar Serie A bersama Juventus, Zinedine Zidane hijrah ke Real Madrid pada 2001. Kepindahan Zidane juga memecahkan rekor transfer dunia, yaitu senilai 77,5 juta euro.

Kedatangan Zidane ke Real Madrid berdampak signifikan, termasuk sumbangan gol spektakuler pada final Liga Champions 2002 kontra Bayern Leverkusen.

Pemain asal Prancis itu merasakan gelar La Liga pada tahun berikutnya. Tak hanya itu, Zidane berhasil penghargaan individu, Ballon d'Or pada tahun yang sama.

Zidane memutuskan pensiun pada 2006 dengan torehan 155 pertandingan dan 37 gol untuk Real Madrid.

 

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho / Aning Jati)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya