Alasan Fotografer Adi Putra Pilih Berkarir di Jepang

Adi Putra banyak memenangi penghargaan di nasional maupun internasional.

oleh Aditia Saputra diperbarui 01 Mei 2020, 23:23 WIB
Adi Putra yang membuat film pendek Green Religion

Liputan6.com, Jakarta Nama fotografer Adi Putra pernah mengharumkan nama Indonesia saat hasil jepretannya mengundang perhatian pengunjung maupun juri dalam ajang Unknown Asia Art Exchange 2018 Osaka, Jepang, September 2018. Saat itu, Adi Putra diganjar empat penghargaan yaitu Judges Prize, 2 Reviewer Prize, dan Sponsor Prize. Pencapaian tersebut diapresiasi Daibiru Corporation yang kemudian memajang hasil jepretannya di Daibiru Building, Osaka, mulai 19 November hingga 28 Desember 2018. 

Adi Putra kembali mendapat apresiasi saat  namanya masuk dalam 74 Ikon penerima Apresiasi Pancasila 2019 dari Badan Pembinaaan Ideologi  Pancasila 19 Agustus 2019. Tentunya, apresiasi ini melalui proses yang berliku dan panjang. Adi mulai dikenal publik ketika karyanya  berjudul “Adam” masuk dalam ajang bergengsi Cannes Short Film Corner 2012 saat Adi berusia 22  tahun. Tahun 2013, eksistensi Adi semakin terjaga lewat karya video klip bertajuk “A Case for Shame (with Cold Specks)”.

 Hingga sekarang Adi Putra terus berkarya dan Jepang adalah tempatnya untuk mengekspolorasi gagasan dan kemampuan. Menilik karya Adi yang tidak melulu fotografi memang memancing keingintahuan orang, apakah dirinya memang fotografer atau seniman? Pertanyaan ini pula yang terlontar saat Live Streaming Interview antara dirinya dengan Ifan Hartanto dari Wavestudioid, Rabu (29/4). 

“Kalau gue sih terserah disebut apa aja, yang penting berkarya,” jawab Adi Putra.


Apresiasi

Adi Putra saat Ngobrol Santuy dengan dengan Ifan Hartanto

Bagi Adi, karya memang utama dan karena itu pula, dirinya diapresiasi. Tak heran,  bila ia memilih Jepang sebagai “ladang” yang coba ia “garap” untuk menghasilkan karya  maksimal lantaran di negeri sakura ini, karya yang ia hasilkan, khususnya fotografi  mendapat apresiasi yang lebih tinggi.

“Ya, itulah alasan kenapa gue memilih Jepang karena memang di sini apresiasi terhadap karya (fotografi/seni-red) tinggi,” ungkapnya.

Selama ini Adi mengakui dirinya tak mengalami kendala teknis saat berkarya,  khususnya saat memotret. “Ya gue moto buat have fun,” imbuhnya.

 


Referensi

Adi Putra di Festival Film Cannes (Istimewa)

Dalam berkarya, Adi menyatakan bahwa ia tidak memiliki referensi khusus untuk  memicu ide. “Ya (ide) darimana aja,” ungkapnya.  Kadang dia menonton dokumenter dari BBC atau menyimak youtube sebagai bagian “pengayaan” referensi dan hiburan. Sejauh ini, Adi menggunakan media digital atau film sebagai material untuk  menghasilkan karya. 

“Ya, ini disesuaikan dengan keperluan dan budget. Kalau untuk pemotretan terkait katalog, (cenderung) menggunakan digital, kalau film untuk editorial.  Lebih pas warnanya,” terang Adi yang sejak bulan Maret 2020 pindah ke Jepang.

 


Style

Sebagai fotografer, Adi Putra dikenal memiliki style tersendiri. Karya-karya fotografinya kerapkali disebut memiliki gaya (style) moody, nostalgic, dan cinematic. Tak heran, bila dua tahun silam, majalah fotografi ternama Aperture menyebut karya Adi memiliki  nyawa dan kekuatan spiritual.

Terkait karya-karya yang dihasilkan, Adi mengaku memiliki gear seperti Canon 5D Mark II dan menggunakan medium Mamiya RZ67. Terkadang, dia juga tak segan menyewa kamera untuk mengerjakan suatu project. 

Tak lupa, Adi mengingatkan untuk semua yang ingin berkarya, khususnya fotografi, buatlah karya dan jangan terlalu banyak pertimbangan sebelum memulai. 

“Ya, mulai aja  jangan banyak alasan. Bawa kamera ke luar. Hajar aja choy!” pungkas pemilik akun Instagram, @adipvtra itu.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya