Diduga Lambung Kapal Bocor, 66 Penumpang KM Dharma Rucitra III Selamat

Kepala Kantor Basarnas Bali mengatakan bahwa KM Dharma Rucitra III diduga mengalami kebocoran pada bagian lambung hingga mengakibatkan kapal dalam posisi miring.

oleh Maria Flora diperbarui 13 Jun 2020, 14:13 WIB
Ilustrasi Kapal Tenggelam

Liputan6.com, Jakarta Seluruh penumpang dan awak kapal KM Dharma Rucitra III yang berjumlah 66 orang berhasil dievakuasi dengan selamat dari kapal yang diduga mengalami kebocoran pada lambung kapal hingga mengalami kemiringan. 

"Ya, benar diduga ada kebocoran, untuk penumpang seluruhnya terevakuasi semua dengan selamat," kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin saat dikonfirmasi di Denpasar, Sabtu (13/6/2020). 

Dia mengatakan para penumpang yang telah terevakuasi tersebut ada yang menginap di hotel sekitar lokasi dan ada juga yang sudah kembali pulang.

"Sekarang kita sedang berusaha menarik kapal itu dulu, diamankan dan memepetkan kapalnya," jelasnya dilansir Antara.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan, KM Dharma Rucitra III diduga mengalami kebocoran pada bagian lambung hingga mengakibatkan kapal dalam posisi miring.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kronologi

Sebelumnya, kapal dengan bobot 1.444 gross ton itu berangkat dari Pelabuhan Lembar, Lombok pada Jumat, 12 Juni kemarin, sekitar pukul 17.30 Wita. Kemudian tiba di Pelabuhan Padang Bai, pukul 21.50 Wita.

"Saat melakukan manuver untuk sandar kapal tersebut mengalami kemiringan, kemudian air laut mulai masuk ke lambung kapal. Ketika hampir berhasil sandar, kapal mengalami kegagalan mesin, sehingga lambung kapal menyentuh dasar dermaga dan miring ke sebelah kanan," ujar Gede Darmada.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya