Polri Pastikan Kawal Penerapan Protokol Covid-19 Bersama TNI di Tempat Wisata

Pendukung standar protokol kesehatan yang akan disiapkan di antaranya dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Jun 2020, 20:51 WIB
Lokasi Wisata di Jakarta Kembali Beroperasi: Pengunjung mencoba wahana permainan saat berwisata di Dufan, Ancol, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Setelah ditutup selama dua bulan akibat pandemi COVID-19, kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol kembali dibuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah tempat wisata mulai dibuka di tengah wabah Covid-19. Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan jajarannya bakal mengawal pelaksanaan protokol kesehatan di sejumlah tempat wisata bersama TNI. 

Argo memastikan jajarannya akan mengamankan penerapan protokol kesehatan ini dengan pendekatan persuasif.

Hal ini menyusul kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang memperbolehkan tempat wisata alam di zona hijau dan kuning dibuka untuk umum.

 

"Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan menjelang dibukanya tempat wisata," ujar Argo seperti dilansir Antara, Sabtu (27/6/2020). 

Menurut dia, di lokasi wisata, jajaran TNI-Polri beserta pemda setempat akan menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung standar protokol kesehatan. Antara lain dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta menerapkan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kami juga meminta kepada pengelola untuk menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan. Misalnya masker. Ini untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang tidak membawa. Warga juga akan dicek suhu dan mencuci tangan dengan sabun," tutur Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Perekonomian Masyarakat Kembali Bangkit

Menurut Argo, hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung serta memberikan kenyamanan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dia berharap dengan dibukanya sektor pariwisata dengan protokol kesehatan Covid-19 dapat kembali menggerakkan perekonomian masyarakat dan memberikan pemasukan untuk negara.

"Tidak hanya negara, ekonomi masyarakat juga akan bangkit," kata mantan Karopenmas Polri ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya