Habis COVID-19, Terbitlah Bakso Kepiting Jumbo di Palembang

Para pelaku usaha kuliner di Palembang berbondong-bondong mengkreasikan bakso dengan kombinasi kepiting dan lobster.

oleh Nefri Inge diperbarui 23 Jul 2020, 06:30 WIB
Satu porsi bakso kepiting di Palembang Kepiting Center resto dihargai Rp 40.000 hingga Rp65.000 per porsi (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Meskipun pergerakan bisnis di tengah pandemi Corona Covid-19 melesu, namun tidak bagi kreatifitas para pelaku usaha di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Di tengah zona orange Covid-19 di Kota Palembang, para pengusaha kuliner berbondong-bondong menciptakan kreasi makanan yang sukses menyita perhatian masyarakat.

Kali ini, pengusaha kuliner sedang menggandrungi bisnis bakso kepiting raksasa. Makanan yang biasanya berbahan daging halus sapi ini, kini dikombinasikan dengan daging kepiting bersama cangkangnya.

Usaha ini juga sedang dilirik Muhammad Al-Fayed (22), pemilik usaha Palembang Kepiting Center di Jalan Kebun Manggis Kepandean Baru, Kecamatan Ilir Timur I Palembang Sumsel.

Awalnya dia memulai usaha makanan seafood di tahun 2018 lalu. Di perjalanan merintis usahanya, dia pun ingin membuat menu baru yang berbeda dibanding yang lain.

“Menu ini baru saja coba promosikan di tempat saya dan banyak peminatnya. Beberapa hari ini saja, penjualan bakso kepiting ini tembus hingga ribuan mangkok,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Karena sebelumnya sudah menjual beragam jenis seafood termasuk kepiting, dia pun tidak kesulitan untuk mendapatkan bahan baku kepiting tersebut.

Untuk satu porsi bakso kepiting ukuran kecil dihargai sebesar Rp40.000, sedangkan bakso kepiting ukuran jumbo bisa dibeli dengan harga Rp65.000 per porsi.

“Saya memasok kepiting hidup dari kawasan Sungsang, Bangka Belitung dan Lampung. Ini pakai kepiting bakau dan ranjungan,” ujarnya.

Selain bakso kepiting jumbo, di Palembang Kepiting Center juga menjual bakso daging sapi, bakso capit kepiting dan bakso lobster.

Menu ini juga jadi andalan di warung Bakso Jawara Palembang, yang beralamat di Jalan Pangeran Ario Kesuma Abdurrochim Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Palembang.

Pemilik Bakso Jawara Palembang Jejen Arisando mengungkapkan, menu utamanya yaitu bakso lobster yang mana lobsternya sendiri khusus dipasok dari Pulau Kalimantan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :


Harga Bakso Lobster

Para pengunjung sedang menyantap bakso lobster di warung Bakso Jawara Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

“Setiap hari bisa menghabiskan 40 Kilogram lobster atau sekitar 500 ekor lobster, untuk membuat bakso lobster,” katanya.

Untuk satu porsi bakso lobster dihargai dari Rp40 ribuan hingga Rp50 ribuan. Di Bakso Jawara Palembang ini juga menyediakan menu andalan lainnya, yaitu bakso rusuk, bakso daging, bakso telur dan lainnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, tempat usahanya sempat tutup karena sepi pengunjung dan mencegah penularan Covid-19.

Karena kondisi sudah kondusif, dia pun membuka tempat usahanya dengan memperkenalkan menu baru tersebut.

“Kita tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, tempat duduk jaga jarak dan pengunjung wajib menggunakan masker dan lainnya,” ucapnya.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya