5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Jerawat di Punggung

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di punggung.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 25 Jul 2020, 19:06 WIB
Ilustrasi jerawat di punggung/pixabay whitesession

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya jerawat di kulit wajah tentu lumrah dialami setiap individu. Namun jerawat tak terbatas pada area wajah, bagian punggung juga tak luput dari munculnya jerawat.

Selain menyakitkan, jerawat di punggung juga membuat tidak nyaman ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti tidur dan berolahraga.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di punggung.

Penasaran apa saja? Berikut beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan jerawat di punggung, seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (25/7/2020).

1. Madu dan Kayu Manis

Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/pixabay

Madu dan kayu manis memiliki sifat antioksidan dan anti- inflamasi yang kuat untuk membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi peradangan dan iritasi kulit.

Yang kamu perlukan 4 sdm madu, 2 sdt bubuk kayu manis. Lalu masukkan madu dalam mangkuk dan tambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya, aduk rata.

Kemudian oleskan campuran pada area yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas sampai bersih dan keringkan.

Lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa hari untuk hasil yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Lidah Buaya

Selain bisa menenangkan kulit, lidah buaya memiliki asam salisilat dan belerang yang keduanya cukup efektif untuk perawatan jerawat.

Siapkan lidah buaya segar secukupnya, lalu keluarkan gel lidah buaya dalam mangkuk. Oleskan gel tersebut pada area yang berjerawat. Diamkan, dan ulangi proses ini beberapa kali sehari.


3. Jus Lemon

Lemon membantu mengecilkan pori-pori kulit untuk mengurangi produksi sebum sehingga bisa memerangi jerawat. Selain itu, aktivitas antibakteri lemon juga membuatnya menjadi obat yang efektif untuk mengobati jerawat.

Yang perlu kamu lakukan yakni peras lemon secukupnya, lalu taruh dalam mangkuk. Celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan kapas tersebut ke area tubuh yang berjerawat.

Biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang diinginkan.


4. Minyak Kunyit dan Wijen

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri yang membantu mengurangi dan meredakan jerawat. Sementara minyak wijen bisa membantu mengatasi rasa sakit, iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Kamu membutuhkan 2 sdt bubuk kunyit dan 1 sdt minyak wijen. Lalu ambil bubuk kunyit secukupnya dalam mangkuk, tambahkan minyak wijen ke dalamnya dan aduk rata hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan pasta tersebut pada tubuh berjerawat, biarkan selama 20 menit sebelum dibilas. Ulangi perawatan ini dua kali setiap hari selama beberapa hari untuk hasil yang diinginkan.


5. Oatmeal dan Madu

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bekerja dengan baik untuk mengurangi jerawat dan menenangkan kulitmu.

Kamu perlu 3 sdm oatmeal dan 2 sdm madu. Lalu giling oatmeal menjadi bubuk, tambahkan madu ke dalamnya dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan pasta ini ke dalam kulkas sebentar sebelum digunakan.

Keluarkan pasta tersebut dan oleskan pasta dingin ini pada area berjerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, lakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa hari.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya