Tips Jaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19 ala Bupati Gowa

Gebrakan Bupati Gowa dengan program Sejuta Masker Gratis ini bertujuan untuk mendisiplinkan warga mematuhu protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.

oleh Ahmad Yusran diperbarui 30 Jul 2020, 14:00 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta, (Fauzan)

Liputan6.com, Makassar - Program sejuta masker gratis yang menjadi gebrakan Bupati Gowa, di Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo banyak menuai simpati berbagai pihak.

Menurut keponakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, tujuan utama dan sederhana lahirnya program ini adalah untuk mendisiplinkan masyarakat Gowa agar hidup sehat dengan menggunakan masker dan mematuhi standar protokol kesehatan pada masa Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Adnan dalam tayangan Live Streaming Inspirato Sharing Session di IG @liputan6 dengan tema Program Sejuta Masker, Gebrakan Bupati Gowa di Tengah Pandemi, Rabu 29 Juli 2020, pukul 18.30 WIB atau 19.30 Wita.

Adnan bertekad memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten Gowa dengan bermodalkan kekompakan semua pihak secara bersama-sama mematuhi peraturan daerah (Perda) wajib memakai masker dan protokol kesehatan. Aturan tersebut, dia melanjutkan, tengah digodok bersama DPRD Kabupaten Gowa.

"Tujuan utama dan sederhana saya melahirkan rancangan perda ini agar masyarakat jadi sehat dan disiplin sesuai standar protokol kesehatan. Belum ada daerah yang membagikan gratis masker kepada masyarakat. Dari hal ini semualah kami berbuat untuk kemanusiaan," Adnan menyampaikan.

Adnan mengatakan, masker harus digunakan sebagai bagian dari strategi komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan jiwa orang.

"Penggunaan masker saja tidak cukup untuk memberikan perlindungan layak untuk melindungi dari Covid-19. Kita juga harus menjaga jarak fisik paling tidak satu meter dari orang lain, dan sering cuci tangan dan berolahraga ringan," Adnan menambahkan.

Pada kesempatan itu, Adnan juga berbagi tips sehat saat pandemi covid-19. Salah satunya dengan menyempatkan olahraga ringan seperti jogging untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Yang penting bisa meningkatkan daya tahan tubuh," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya