Dilarang di India dan Dicurigai Amerika, Ada Apa dengan TikTok?

TikTok telah menjadi objek pengawasan di Amerika Serikat selama berbulan-bulan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 04 Agu 2020, 14:36 WIB
TikTok. Dok: money.com

Liputan6.com, Jakarta - Pertengahan Juni lalu, pasukan militer China dan India terlibat dalam bentrok mematikan atas wilayah yang disengketakan yang mengakibatkan kematian 20 tentara India dan jumlah korban Tiongkok yang dirahasiakan.

Kemudian pada akhir Juni, India mengungkap kekhawatiran keamanan data dan memutuskan untuk melarang 59 aplikasi seluler China, termasuk platform video populer TikTok.

Sejak itu, para pejabat di AS dan Australia telah menyerukan larangan aplikasi atas kekhawatiran bahwa pemerintah China dapat mengakses data pengguna TikTok, karena aplikasi tersebut dimiliki perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing ByteDance Ltd, seperti mengutip laman Fortune, Selasa (4/8/2020). 

Sebelum larangan pemerintah berlaku, India adalah pasar terbesar bagi TikTok dengan 81 juta pengguna aktif bulanan (MAU). Hilangnya pasar AS dan 30 juta MAU akan membuktikan pukulan besar lainnya.

TikTok sejauh ini merupakan salah satu ekspor Internet paling sukses di China. Namun, kehadiran globalnya yang terkemuka telah menjadikannya sebagai momok bagi kewaspadaan pemerintah China dan kondisi panas geopolitik.

Akibat hal tersebut, TikTok berusaha menjauhkan diri dari embel-embel pengaruh pemerintah China. Akan tetapi, kecurigaan global terhadap Big Tech pada umumnya dan pengaruh pemerintah China menjadi masalah tertentu untuk aplikasi tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Trump Larang TikTok di AS

Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Presiden Donald Trump mengatakan, AS sedang mempertimbangkan untuk melarang TikTok, sehari setelah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan orang Amerika tidak boleh menggunakan TikTok kecuali menginginkan data mereka berada "di tangan Partai Komunis Tiongkok." 

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian pun menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan larangan tersebut. Ia mengatakan, "beberapa orang di AS" harus "berhenti menggunakan kekuatan negara untuk menindas perusahaan-perusahaan China."

"Pemerintah Tiongkok selalu meminta perusahaan China untuk mematuhi hukum dan peraturan ketika melakukan bisnis di luar negeri," kata Zhao. "Jika kita mengikuti logika pihak AS, dapatkah kita mengatakan bahwa perusahaan media sosial Amerika, dengan sejumlah besar pengguna secara global, menimbulkan ancaman keamanan besar bagi semua negara lain di dunia?"

TikTok telah menjadi objek pengawasan di AS selama berbulan-bulan. Pemerintah meluncurkan investigasi keamanan nasional ByteDance pada November, dan kemudian, Senator Josh Hawley (R-Mo.) mengatakan TikTok itu "terganggu oleh Partai Komunis China."

TikTok tidak tersedia untuk diunduh di daratan China, maka ByteDance pun mengoperasikan versi China, aplikasi yang disebut Douyin di daratan.

"TikTok dipimpin oleh CEO Amerika, dengan ratusan karyawan dan pemimpin utama di bidang keselamatan, keamanan, produk, dan kebijakan publik di AS," kata juru bicara perusahaan itu kepada Bloomberg. "Kami tidak pernah memberikan data pengguna kepada pemerintah Tiongkok, dan kami juga tidak akan melakukannya jika diminta."

Perusahaan Cybersecurity menerbitkan penelitian pada Januari yang menemukan TikTok memiliki kerentanan keamanan yang akan membuka data pengguna hingga peretas. TikTok mengetahui penelitian tersebut pada November 2019 dan mengatakan telah memperbaiki kerentanan pada 15 Desember 2019.

Para pejabat dan aktivis juga mengkritik TikTok karena diduga menyensor konten yang dianggap sensitif secara politik atau kontroversial di China, termasuk video yang terkait dengan Tibet, Taiwan, dan protes Lapangan Tiananmen 1989. Kemudian, TikTok membantah tuduhan sensor tersebut.

"Meskipun ByteDance telah mengklaim bahwa operasi TikTok terpisah dari Douyin, beberapa insiden baru-baru ini tampaknya menunjukkan bahwa mereka masih di bawah tekanan dari sensor China," kata Yun Jiang, seorang peneliti di Pusat Australia di China di Dunia di Universitas Nasional Australia.


Kritik Terhadap TikTok

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

TikTok mengumpulkan lokasi pengguna, alamat Internet, dan riwayat penelusuran. Itu juga dapat menyimpan nomor telepon, usia, dan informasi pembayaran jika pengguna memilih. Perusahaan itu mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka mengumpulkan lebih sedikit data pribadi daripada perusahaan AS, seperti Facebook atau Google.

"TikTok, seperti semua perusahaan media sosial, mengumpulkan data pengguna," kata Jiang. "Ada kekhawatiran bahwa karena dimiliki oleh perusahaan China, akan sulit bagi perusahaan untuk menolak permintaan informasi dari pemerintah China."

Kekhawatiran seperti itu, kata Jiang, serupa dengan yang dirasakan pada perusahaan raksasa peralatan telekomunikasi China Huawei Technologies dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa negara telah melarang peralatan jaringan Huawei dan Washington memasukkannya dalam daftar hitam perusahaan pada Mei 2019 setelah negosiasi perdagangan dengan China macet.

Dev Lewis, seorang rekan di penelitian think tank yang berbasis di Hong Kong Digital Asia Hub, waspada terhadap perbandingan antara TikTok dan Huawei karena perusahaan-perusahaan itu sangat berbeda: Yang pertama adalah aplikasi media sosial yang sangat terlihat dengan pengenalan nama besar di AS, dan yang terakhir adalah produsen peralatan telekomunikasi yang, meskipun merupakan pembuat smartphone terbesar kedua di dunia, sebagian besar tidak dikenal oleh konsumen AS.

"Selama kepercayaan di Beijing terus turun, kepercayaan pada perusahaan China mana pun akan terus menurun, dan dengan demikian Anda bisa menilainya dengan cara yang sama," kata Lewis.


TikTok Terus Diawasi

ilustsrasi aplikasi TikTok. (iStockphoto)

Minggu ini, pengawasan global terhadap aplikasi TikTok meluas ke luar India dan AS ketika Senator Australia Jim Molan, Wakil Ketua Komite Intervensi Asing Melalui Media Sosial Australia, mengatakan bahwa TikTok mungkin menjadi "layanan pengumpulan data yang disamarkan sebagai media sosial," dan seorang pejabat lainnya mengatakan Australia harus melarang TikTok dan aplikasi China lainnya. 

Manajer umum TikTok di Australia mengatakan kepada The Guardian bahwa TikTok tidak berbagi data dengan pemerintah asing. 

Bagian dari kerentanan TikTok terhadap pengawasan pemerintah adalah popularitasnya yang luar biasa di luar Tiongkok — yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk aplikasi China.

Platform sosial yang dimiliki Tencent Holdings, WeChat, populer secara global, tetapi basis penggunanya sebagian besar terbatas pada komunitas diaspora Tiongkok dan orang-orang yang memiliki hubungan bisnis atau penelitian dengan China. TikTok, di sisi lain, telah menelurkan budaya influencer yang menguntungkan di AS; wajah platform yang paling populer adalah remaja Amerika dengan kontrak agen bakat, puluhan juta pengikut, dan kehidupan remaja yang menjadi berita utama.

"TikTok benar-benar aplikasi China pertama yang sebenarnya telah tertanam dalam budaya lokal di seluruh dunia," kata Lewis.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya