Transformasi Samsung Galaxy Note Selama Enam Tahun ke Belakang Hingga Saat Ini, Spektakuler!

Sebelum mengetahui keunggulan Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, menarik kalau kita melihat transformasi Samsung Galaxy Note dalam enam tahun ke belakang yakni mulai tahun 2014, sekalian nostalgia ya.

oleh Gilar Ramdhani pada 09 Agu 2020, 14:00 WIB
Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Liputan6.com, Jakarta Agustus menjadi bulan yang spesial bagi penggemar gadget, terkhusus produk Samsung. Produsen mobile asal Korea Selatan ini resmi meluncurkan deretan flagship terbarunya yakni Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra pada acara Galaxy Unpacked 2020 yang digelar live streaming dari Korea, Rabu (5/8).

Samsung menyebut seri Galaxy Note terbaru ini sebagai perangkat mobile yang sangat powerfull, mampu bekerja layaknya komputer dan mendukung produktivitas masyarakat masa kini. Hampir semua fitur dan bagian Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mengalami perubahan dari seri-seri Note sebelumnya. Hal ini dikatakan oleh President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics Dr. TM Roh sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sebelum mengetahui keunggulan Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, menarik kalau kita melihat transformasi Samsung Galaxy Note dalam enam tahun ke belakang yakni mulai tahun 2014, sekalian nostalgia ya. Sejatinya, seri Galaxy Note pertama kali muncul pada tahun 2011. Saat itu, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy Note N7000 berdimensi 5,3 inch dan sudah dilengkapi layar Super AMOLED. Setelahnya Samsung terus berinovasi dan setiap tahun meluncurkan seri terbaru, Galaxy Note2 (2012), Galaxy Note3 (2013) dan Galaxy Note4 pada tahun 2014.


2014: Samsung Galaxy Note4

Samsung Galaxy Note4.

Samsung Galaxy Note4 merupakan terobosan paling inovasi Samsung dikala itu. Seri Note pertama yang memiliki fitur fingerprint, menyematkan teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) pada kamera belakang. Beberapa keunggulan dibanding kompetitornya kala itu antara lain memiliki sensor detak jantung yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi kebugaran. Baterai ponsel bisa dilepas dan didukung pengisian daya baterai dengan cepat. Bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar dan mengatur ukuran tampilan laman aplikasi. Lalu, S Pen yang meningkat untuk menyeleksi teks, menggambar dan menulis pada layar.


2015: Samsung Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy Note Edge.

Sejatinya, Galaxy Note Edge sudah diperkenalkan sejak tahun 2014 bersamaan dengan Galaxy Note4. Namun baru dipasarkan pada tahun 2015. Samsung berinovasi dengan menghadirkan ponsel layar lengkung pertama dari seri Note dan menjadi produk yang legendaris. Layar Edge berukuran 5,6 inci dengan resolusi Quad HD Super AMOLED (2.560 x 1.440 pixel). Gadget ini dilengkapi kamera belakang 16 megapixel auto focus dengan Optical Image Stabilizer (OIS) dan kamera depan 3,7 MP. Edge juga disertai S Pen generasi terbaru dengan kemampuan lebih baik dari sebelumnya.


2015: Samsung Galaxy Note5

Samsung Galaxy Note5.

Pertengahan 2015, Samsung merilis Samsung Galaxy Note5 yang dibekali dengan fitur wireless charging dengan dukungan fast charging juga. Mengusung sejumlah peningkatan dari pendahulunya, S Pen Galaxy Note5 dilengkapi dengan menu Air Command, perekaman video dengan penstabil gambar (VDS) dan real time video streaming. Galaxy Note5 ditanam prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420, RAM 4GB, memori 32/64 GB, baterai 3.000 mAh, dukungan konektivitas 4G LTE cat.9, serta kamera utama 16 MP dengan Optical Image Stabilizer  dan kamera selfie 5 MP.


2016: Samsung Galaxy Note7

2016: Samsung Galaxy Note7.

Samsung Galaxy Note7 merupakan salah satu smartphone populer yang diproduksi oleh perusahaan asal Korea Selatan ini. Meskipun merupakan perangkat keenam dari seri Galaxy Note, Samsung malah memberikan angka 7 agar sejajar dengan Galaxy S7. Samsung Galaxy Note7 ini adalah penyempurnaan pada bentuk S Pen yang ketebalan mata pena berubah dari 1,6 mm menjadi 0,7 mm.Hebatnya lagi, S Pen ini juga memiliki kemampuan untuk menerjemahkan kata.

Selain itu, Samsung Galaxy Note7 ini dilengkapi dengan IP68 yang tahan terhadap air dan debu hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit. Kamera utama pada Samsung Galaxy Note7 ini hanya 12 MP, namun smartphone ini sudah mampu merekam hingga kualitas 4K. Sedangkan pada kamera depan disematkan lensa kamera sebesar 5 MP dan masih dilengkapi dengan dual video call dan Auto HDR.


2016: Samsung Galaxy NoteFE

Samsung Galaxy NoteFE.

 Untuk memenuhi keinginan konsumen yang ingin memiliki spesifikasi seperti Galaxy Note7, Samsung meluncurkan Samsung Note Fan Edition, tak heran kalau smartphone ini disebut-sebut reinkarnasi dari Samsung Galaxy Note7. Samsung Galaxy Note FE memiliki kapasitas baterai 3.200 mAH dan sudah melewati delapan poin battery security check, sehingga aman digunakan masyarakat. Produk ini dilengkapi dengan IP68 Water & Dust Resistant yang memungkinkan pengguna mengambil foto dalam air dan tak khawatir saat terkena hujan. Kamera yang disematkan pun memiliki Dual Pixel 12MP yang membuat foto yang Anda ambil menjadi lebih fokus dan terang. Selain itu, Hanya dengan menarik keluar S Pen saat layar mati, akan muncul fitur canggih yang memungkinkan untuk mencatat, menerjemahkan teks asing, menggambar, atau mengubah video menjadi GIF. 


2017: Samsung Galaxy Note8

Samsung Galaxy Note8.

Samsung Galaxy Note8 memboyong sejumlah fitur andalan. Galaxy Note8 hadir dengan Infinity Display yang lebih besar yakni yakni 6,3 inci. Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note8 seperti aplikasi Pair, fitur off screen memo dan mendukung kemampuan S Pen untuk Live Message. Pengguna Galaxy Note8 dapat mengirim pesan tulisan atau gambar yang akan berubah menjadi GIF.

Perubahan drastis yang diusung Samsung pada Galaxy Note8 adalah kamera ganda. Kamera utamanya dipersenjatai teknologi dual camera (kamera ganda), sensor dual pixel, dan dual Optical Image Stabilization (OIS). Berkat teknologi Laser Auto Focus System (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebih baik tanpa harus takut fokus kamera 'kabur' ke objek lainnya.

Samsung Galaxy Note8 memboyong sejumlah fitur andalan. Galaxy Note8 hadir dengan Infinity Display yang lebih besar yakni yakni 6,3 inci. Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note8 seperti aplikasi Pair, fitur off screen memo dan mendukung kemampuan S Pen untuk Live Message. Pengguna Galaxy Note8 dapat mengirim pesan tulisan atau gambar yang akan berubah menjadi GIF.

Perubahan drastis yang diusung Samsung pada Galaxy Note8 adalah kamera ganda. Kamera utamanya dipersenjatai teknologi dual camera (kamera ganda), sensor dual pixel, dan dual Optical Image Stabilization (OIS). Berkat teknologi Laser Auto Focus System (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebih baik tanpa harus takut fokus kamera 'kabur' ke objek lainnya.


2018: Samsung Galaxy Note9

Samsung Galaxy Note9

Samsung Galaxy Note9 mengalami beberapa perubahan pada desain dan ukuran. Layar menjadi 6,4 inci dan ketebalan bertambah 0,2mm dari seri sebelumnya. Selain fisik yang terlebih lebih besar sedikit, performa Galaxy Note9 juga meningkat ada kamera ganda dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), Samsung Dex tanpa Pad atau Station, hingga cooling system untuk memastikan smartphone tak cepat panas. Paling menarik adalah S Pen dengan koneksi bluetooth yang sekaligus menandai inovasi pena digital yang revolusioner.


2019: Samsung Galaxy Note10 dan Note10+

Samsung Galaxy Note10+

Pada tahun 2019 lalu, Samsung meluncurkan Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+. Kedua hadir dengan fitur-fitur dan penampilan yang lebih fresh ketimbang seri-seri sebelumnya. Sektor fotografi merupakan peningkatan paling kentara dibandingkan lainnya. Galaxy Note10 memiliki satu kamera tambahan sehingga total memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama Wide-angle 12MP, lensa Telephoto 12MP, dan lensa Ultra Wide 16MP. Untuk Galaxy Note10+, terdapat satu kamera tambahan yang diletakkan di bawah lampu blitz yang berderet di sebelah kanan tiga kamera utama. Kamera tersebut adalah depth vision sensor yang berfungsi untuk menciptakan efek bokeh di foto dan video.

Galaxy Note10 juga dibekali dengan panel layar terbaru dari Samsung yang bernama Dynamic AMOLED. Panel Dynamic AMOLED ini dapat menghasilkan gambar lebih jernih dan juga sudah tersertifikasi untuk konten HDR10+ sehingga warna yang ditampilkan lebih kaya dan akurat. Belum lagi desain Infinity-O dengan bezel yang sangat tipis membuat layarnya terlihat luas bahkan terasa tanpa tepi pinggiran. Di samping sektor kamera dan layar, kapasitas penyimpanan juga menjadi salah satu hal yang langsung terasa efeknya. Dibandingkan Galaxy Note9 yang hanya memiliki RAM 6GB dan ROM 128GB, Galaxy Note10 mendapatkan kenaikan menjadi RAM 8GB dan ROM 256GB.


2020: Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra mendapatkan peningkatan kamera dan kemampuan S Pen. Untuk kamera, Galaxy Note20 memiliki tiga kamera utama, masing-masing adalah 12MP (Wide-angle), 12MP (Ultra Wide), dan 64MP (Telephoto). Galaxy Note20 hadir dengan prosesor Exynos 990, RAM LPDDR5 8GB, memori sebesar 256GB tanpa ada tambahan kapasitas memakai microSD, dan baterai berkapasitas 4,300mAh.

Sementara itu, Galaxy Note20 Ultra memiliki kamera 108MP (Wide-anglel) untuk versi flagship Galaxy Note20, 12MP (Ultra Wide), 12MP (Telephoto). Samsung juga sudah menyertakan prosesor terbarunya, yaitu Exynos 990 dan seri ini dengan baterai berkapasitas 4,500mAh. 

Samsung Galaxy Note20 hadir dengan pilihan warna Mystic Green, Mystic Gray,dan Mystic Bronze. Flagship ini tersedia dalam satu varian ROM 8 GB/256 GB dan harga Samsung Galaxy Note20 Rp 14.499.000. Sementara Galaxy Note20 Ultra memiliki pilihan warna Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White. Harga Samsung Galaxy Note20 Ultra varian 8 GB/256 GB (Rp 17.999.000) dan ROM 8 GB/512 GB (Rp 19.999.000).

Pre Order Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mulai tanggal 6-19 Agustus 2020.  Setiap pembelian Galaxy Note20 mendapatkan e voucher Galaxy Buds+ senilai Rp 2,399,000 dan pembelian Galaxy Note20 Ultra mendapatkan e-voucher Galaxy Buds live senilai Rp 2,599,000.

Selain dari situs resmi Samsung, pemesanan pre-order juga dapat dilakukan melalui sejumlah rekanan, seperti Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka, Dinomarket, dan Global Teleshop.

Keterangan lebih detail, kunjungi www.galaxylaunchpack.com

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya