Kondisi Plt Wali Kota Medan Membaik dan Hasil Tes Swab Negatif Covid-19

Kabar baik datang dari Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. Setelah sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Royal Prima akibat terinfeksi virus Corona COVID-19, saat ini kondisinya membaik.

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Sep 2020, 15:55 WIB
Perwal tersebut berisi tentang karantina kesehatan dengan melaksanakan cluster isolation serta wajib menggunakan masker bagi siapa saja yang berada di Kota Medan saat di luar rumah.

Liputan6.com, Medan Kabar baik datang dari Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. Setelah sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Royal Prima akibat terinfeksi virus Corona COVID-19, saat ini kondisinya membaik.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan, Akhyar telah keluar dari rumah sakit, dan sekarang sedang beristirahat di kediaman pribadinya.

"Kondisi beliau (Akhyar Nasution) membaik, dan sudah keluar dari rumah sakit," kata Mardohar, Kamis (20/8/2020).

Terkait kapan keluarnya Akhyar dari rumah sakit, Mardohar tidak menyebut secara detail. Disebutkan Mardohar, Akhyar keluar dari rumah sakit setelah kondisinya dipastikan membaik dan telah menjalani isolasi lebih dari 14 hari.

"Walau sudah keluar dari rumah sakit, beliau masih isolasi mandiri. Nanti kita lihat perkembangannya. Kondisi saat ini, sudah sehat, ya," terangnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:


Hasil Swab Negatif

Akhyar saat menerima kunjungan kerja Tim Pansus COVID-19 DPRD Sumut di Posko Gugus Tugas COVID-19 Kota Medan

Dalam video berdurasi 57 menit yang diperoleh Liputan6.com, Akhyar Nasution tampak menggunakan masker dan memakai baju batik mengatakan, setelah lebih kurang 2 minggu menjalani perawatan akibat COVID-19, kemudian menjalain tes swab hasilnya negatif.

Terkait dengan hasil negatif tersebut, Akhyar akan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Diungkapkannya, kesehatan dapat menjadi energi untuk dapat melaksanakan tugas-tugas Pemerintahan Kota (Pemko) Medan.

"Terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh warga Kota Medan," kata Akhyar.


Sempat Mengeluh Demam

Ada dua Kadis di lingkungan Pemko Medan yang juga terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu Kadis Kebersihan dan Pertamanan, serta Kadis Tenaga Kerja.

Sebelumnya Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi.

Akhyar Nasution terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada Selasa, 4 Agustus 2020. Sebelum tes swab, Akhyar sempat mengeluhkan merasakan demam.

"Hari Senin, 2 Agustus 2020 tes swab. Esoknya hasilnya keluar, positif COVID-19," kata Edwin, Rabu, 5 Agustus 2020.

Walau berstatus terkonfirmasi positif COVID-19, kondisi Akhyar Nasution dalam keadaan stabil dan terkendali. Akhyar dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Medan.

"Pak Akhyar dirawat dan ditangani oleh dokter khusus. Untuk temperatur, tekanan darah, dan pernapasannya bagus," jelasnya.


Kadis Positif COVID-19

ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)

Pejabat yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona COVID-19 di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan tidak hanya Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota, Akhyar Nasution. Namun, ada juga pejabat lainnya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi mengatakan, ada dua Kadis di lingkungan Pemko Medan yang juga terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu Kadis Kebersihan dan Pertamanan, serta Kadis Tenaga Kerja.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya