Qomar Hingga Tiara Idol Meriahkan Pagelaran Amal Ludruk 2020

MSI menggelar Pagelaran Amal Ludruk 2020 secara live streaming.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 28 Agu 2020, 17:40 WIB
MSI menggelar Pagelaran Amal Ludruk 2020 secara live streaming. [Foto: Istimewa]

Liputan6.com, Jakarta - Mitra Seni Indonesia (MSI) kembali mengadakan Pagelaran Amal Ludruk 2020. Mengingat sedang terjadi pandemi Covid-19, maka acara ini akan disiarkan secara live streaming pada 30 Agustus 2020.

Pagelaran kali ini mengusung judul "Dukun Tiban" yang mengisahkan tentang pandemi Covid-19. Agar dapat merangkul penonton dengan segmentasi yang lebih luas, Pagelaran Amal Ludruk 2020 ini juga menghadirkan pemain muda.

"Kami melihat potensi anak muda saat ini yang juga sangat antusias dengan adanya Ludruk ini. Maka, kali ini kita mengikutsertakan anak muda," kata Sari Ramdani, Ketua Umum MSI, dalam telekonferensi via Zoom, Jumat (28/8/2020).

"Memang untuk pelestarian. Jadi kami ajak agar mereka bisa menghargai kesenian kita dan agar bisa ditonton oleh anak muda. Ini juga bisa menggabungkan karya seni tradisional dan kekinian," sambungnya.


Tiara Idol

Tiara Andini ceritakan susahnya move on di lagu barunya, 365.

Salah satu penyanyi muda berbakat Tanah Air, Tiara Idol, bakal menjadi bintang tamu dalam acara Pagelaran Amal Ludruk 2020 ini.

"Ada Tiara Idol yang akan membawakan medley di acara ini, setelah Tiara kita mulai sandiwara Ludruknya. lalu dilanjut dengan Ngidung oleh pemain Ludruk wanita muda dari Surabaya, biasanya kan lelaki," ucap Ketua Panitia, Hesti Indah Krisnarin, di kesempatan yang sama.


Kekinian

Pagelaran Amal Ludruk 2020 [Foto: Istimewa]

Acara Ludruk ini memang dikemas secara kekinian demi mengikuti selera penonton. Unsur tradisional dan modern akan bersatu dalam pertunjukan ini. "Diawali dengan tarian remo yang dipadu dengan flashmob," ucap Hesti Indah Krisnarin.

Sementara untuk pemeran utama Ludruknya akan dibintangi oleh sejumlah nama besar seperti Ratna Listy, Derry Empat Sekawan hingga Qomar Empat Sekawan.


Sudah Produksi

Nurul Qomar (Dok. Pribadi)

Sejak 19 Agustus 2020, Qomar sudah menjalani masa hukaman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas-IIB Brebes, Jawa Tengah, terkait kasus pemalsuan dokumen. Namun sebelum ditahan, ia sempat syuting untuk Ludruk ini. Acara ini memang bukan pagelaran live.

"Syuting 12 Agustus 2020, kalau enggak salah kabar penahanannya itu seminggu kemudian. Kita juga ikut prihatin terhadap kasus Pak Qomar, tapi setelah diskusi, semua akan tetap ditayangkan," ujar Ketua Umum MSI.


Streaming

Pagelaran Amal Ludruk 2020 [Foto: Istimewa]

Ludruk ini dapat disaksikan di kanal YouTube MSI pada 30 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB. Lalu di kanal Youtube Mandiri mulai tanggal 31 Agustus 2020 jam 19.00 WIB selama sebulan, dan tayang pula di TVRI pada 31 Agustus pukul 21.30 WIB.

Penggalangan dana akan terus dibuka sebelum live streaming, saat live streaming dan setelah live streaming. 


Donasi

Ludruk (Sumber: humas.surabaya.go.id)

Hasil dari donasi yang diperoleh akan diberikan kepada kelompok seni pertunjukan tradisional yang sempat terhenti kegiatannya karena pandemi Covid-19, seperti Srimulat, Wayang Orang, Ludruk, Ketoprak, Lenong, Kecak, Reog dan banyak lagi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya