Facebook Bakal Tawarkan Langganan Berita via Aplikasi

Kini Facebook tengah menguji cara yang memungkinkan pengguna Facebook membaca berita berlangganan mereka tanpa perlu repot-repot sign in.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 02 Sep 2020, 11:00 WIB
Adblock rugikan usaha Faceboook

Liputan6.com, Jakarta - Facebook banyak dipakai oleh penerbit berita untuk membagikan tautan berita dan artikel terbaru mereka. Namun, beberapa penerbit juga menerapkan biaya berlangganan dan pengguna harus sign in untuk dapat mengakses berita itu.

Ketika pengguna sudah berlangganan, sign in tentu mengganggu jika mereka hanya ingin membaca berita.

Facebook pun ingin mengubah hal tersebut. Kini, perusahaan tengah menguji cara yang memungkinkan pengguna Facebook membaca berita berlangganan mereka tanpa perlu repot-repot sign in.

Mengutip Ubergizmo, Rabu (2/9/2020), keputusan Facebook ini bakal melibatkan pengguna yang menautkan akun Faceboook mereka ke berita berlangganan.

Artinya, tiap kali pengguna mengklik pada publikasi atau artikel yang bersifat premium, Facebook tersebut langsung tahu bahwa itu adalah pelanggan berita dan langsung mengarahkan ke konten yang ingin dibaca.

"Hasil awal dari penerbit dalam uji produk akan menjanjikan baik untuk keterlibatan pelanggan dan distribusi konten. Pada bulan Juni, pelanggan dalam pengujian kami telah menautkan akun langganan mereka di Facebook mendapatkan rata-rata 111 persen lebih banyak klik artikel dibandingkan dengan pelanggan yang bukan bagian dari grup pengujian," kata Facebook dalam pernyataannya.

Tak hanya itu, akun yang ditautkan juga mendapatkan lebih banyak pembaca yang subscribe ke media melalui Facebook.


Bangun Hubungan yang Lebih Loyal

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Pengikut laman Facebook penerbit rata-rata meningkat dari 34 persen menjadi lebih dari 97 persen di antara pelanggan yang menautkan akun mereka.

Dikatakan oleh Program Manager Facebook Journalism Project Accelator David Grant, penerbit di seluruh dunia kini membanguin hubungan yang lebih loyal dan berkelanjutan dengan para pembaca setia mereka.

"Melalui tautan akun, kami berharap Facebook dapat menjadi ekstensi yang menjembatani upaya ini dan membantu penerbit berita mendapatkan interaksi pembaca yang lebih baik dan mendatangkan lebih banyak pembaca berlangganan berita-berita yang berkualitas," kata Grant.


Hadirkan Pengalaman Lebih Baik

Facebok, Logo Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lebih lanjut, Grant juga mengatakan, pihak Facebook mengembangkan dan berencana untuk menghadirkan pengalaman berlangganan yang lebih baik.

"Sebagai bagian dari pengujian produk, kami bekerja sama dengan berbagai penerbit berskala berbeda dalam menghadirkan layanan langganan berita," katanya.

Ke depannya, Facebook menyebut, akan memperluas kemitraan dengan penerbit berita untuk pengujian produk.

"Kami tengah menguji tempat baru untuk pelanggan, agar bisa menautkan akun mereka di dalam aplikasi Facebook, misalnya di bagian Facebook News. Kami aktif mencari tahu pendekatan yang memungkinkan pelanggan memulai proses penautan akun di situs web penerbit," kata Facebook.

(Tin/Why)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya