Cek Fakta: Benarkah Tepung Terigu Bisa Sembuhkan Luka Bakar?

Akun Facebook atas nama Abi Shabira mengunggah tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 02 Okt 2020, 14:00 WIB
Hoaks tepung terigu bisa sembuhkan luka bakar. (Facebook/Abi Shabira)

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan yang menyebut tepung terigu merupakan obat tradisional yang dipercaya bisa menyembuhkan luka bakar.

Akun Facebook atas nama Abi Shabira mengunggah tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar. Dia pun memberikan narasi sebagai berikut:

"OBAT LUKA BAKAR

Kemarin sore... waktu saya pindahkan motor Krena gang rumah saya sempit, kaki saya tersenggol knalpot sendiri bagian bawah

Padahal cuma senggol sebentar"panas nya😨 cenat cenut sampe... ke rambut😅

Panasnya ga hilang dah hampir 2 menit ini pasti luka nantinya, langsung aja saya ambil tepung TERIGU, terus saya tempelkan di bagian yang sakit, kira-kira 5-7 menit baru saya lepas dan ratakan terigunya

Apa sakitnya hilang ? Ngak..panasnya masih terasa,tapi setelah ini efek dari lukanya bisa diminimalisir ga sampai melepuh,bahkan lukanya tidak jadi serius,sampai pernah saya alami lukanya hilang tidak membekas.

Berbeda dengan luka bakar yang pernah saya alami dan diobati dengan pasta gigi,putih telur,di alirkan air macam2 anjuran teman yang bereaksi membantu ketika tau kita mendapat luka, yang terjadi luka semakin parah

TIPS ini dulu saya dapat juga dari fesbuk, info ini bermanfaat sekali bagi kami yang bekerja di dapur yang berhadapan dengan Api dan benda panas, Pengobatan luka bakar dengan tepung ini pernah kita alami dan praktekan, beberapa kecelakaan kerja pernah terjadi seperti terciprat minyak panas saat menggoreng, tersiram air panas,tersenggol benda panas dll.

Tapi Alhamdulillah dengan diobati tepung TERIGU atau SAGU , lukanya bisa diminimalisir,akhirnya cara ini digunakan teman-teman yang lain untuk mengobati klo terjadi luka bakar.

Semoga Tips'nya bermanfaat."

Sejak diunggah di media sosial, postingan itu mendapat banyak atensi dari pengguna Facebook. Postingan itu mendapatkan 39 like, 23 komentar, dan tujuh kali dibagikan. Mayoritas yang memberikan komentar percaya dengan informasi ini.

Lalu, benarkah tepung terigu merupakan obat tradisional yang bisa menyembuhkan luka bakar?

 

 

Load More

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Dr Ivony Moesa SpKK, seorang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin di RSU Indriati di Sukoharjo, untuk mengetahui kebenaran informasi yang menyebut tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar.

"Waduh, malah tidak karuan deh (berita hoaks). Luka bakar itu ada grade nya," kata Dr Ivony Moesa sambil tertawa usai menjawab pertanyaan Cek Fakta Liputan6.com, Jumat (2/10/2020).

"Mungkin kasus yang di Facebook itu grade satu, Jadi, mau diatasi dengan cara yang salah juga tidak masalah," ujarnya menambahkan.

Dr Ivony Moesa mengatakan, pertolongan pertama untuk mencegah luka bakar agar tidak menjadi lebih parah adalah mengeluarkan panasnya di dalam tubuh. Mengeluarkan panas, kata Dr Ivony Moesa, harus menggunakan air sejuk bukan yang dingin. Sebab, air dingin karena bisa bikin vasokonstriksi yanhg bikin panas susah keluar.

"Luka bakar itu logikanya ada panas di tubuh kita yang harus kita keluarkan. Saran terbaik adalah dialirkan air sejuk saja mis di bawah keran yang airnya mengalir selama 10-20 menit."

"Kita harus pakai air yang sejuk supaya panasnya bisa ikut sama air dan keluar tubuh. Kalau luka itu ditutup, nanti derajat panasnya bisa lebih parah. Misalnya, yang tidak sampai keluar lepuh, bisa berlepuh," ujarnya memberikan penjelasan.

Untuk memperkuat bantahan ini, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Dr. Laksmi Duarsa adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Dia juga membantah informasi yang menyebut tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar.

"Kalau penelitian secara kedokteran, saya belum pernah mendengar ini," kata Dr. Laksmi Duarsa.

Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel di situs Stuff dengan judul: "Specialists warn against flour burns cure hoax". Artikel itu membantah pengobatan luka bakar menggunakan tepung terigu.

"Kami mencoba menjangkau orang sebanyak mungkin (dengan penelitian), tapi itu cepat rusak dengan pesan hoaks di luar sana," kata spesialis perawat klinis National Burn Center, Deborah Murray.

Tidak jelas dari mana sumber hoaks itu berasal. Namun selama beberapa tahun belakangan, kabar yang menyebut tepung terigu bisa sembuhkan luka bakar banyak muncul di Inggris.

Disebutkan dalam artikel tersebut kalau luka bakar harus dirawat dengan air sejuk yang mengalir selama 20 menit. Hal itu dilakukan agar luka tidak semakin parah.

 

 


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tepung terigu tidak bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Bila kulit mengalami luka bakar disarankan menggunakan air mengalir.

Narasi yang disampaikan di Facebook tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Tidak ada penelitian secara kedokteran yang menyebut tepung terigu bisa sembuhkan luka bakar.

 


Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya