Cek Fakta: Hoaks Nissa Sabyan Bikin Nangis 3 Juri Pencarian Bakat di Amerika, Ini Buktinya

Sebuah video sedang viral yang memperlihatkan Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, X Factor.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 14 Nov 2020, 18:30 WIB
Hoaks Nissa Sabyan bikin nangis 3 juri X Factor. (Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video sedang viral yang memperlihatkan Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, X Factor. Video itu berdurasi empat menit.

Dalam video, terlihat Nissa Sabyan melantunkan lagu berjudul: "Deen Assalam". Video itu juga memperlihatkan tiga juri, Cheryl, Simon Cowel, dan Nick Grimshaw menangis setelah mendengar suara merdu penyanyi berhijab ini.

Melalui CrowdTangle, Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang menyebut Nissa Sabyan membuat nangis tiga juri X Factor. Tiga akun itu adalah Berita Islam Masa Kini, Arivin Ganza, dan Redirohmad Slm Ridwan Dmc.

Begini narasi yang mereka buat, hampir serupa:

"Nissa sabyan yg membuat juri X FACTOR menangis".

Lalu, benarkah video tersebut asli?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Penelusuran Fakta

Hasil penelusuran Yandex

Pertama-tama, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar yang menampilkan salah satu juri, Cheryl sedang menangis. Kemudian, tangkapan layar itu dimasukkan ke pencarian gambar terbalik, Yandex.

Hasil penelusuran mengarahkan ke channel YouTube The X Factor UK dengan judul video: "Josh Daniel sings Labrinth’s Jealous | Auditions Week 1 | The X Factor UK 2015 The X Factor UK 2015". Channel ini sudah mendapat tanda centang dari pihak YouTube yang menandakan sudah terverifikasi.

Dalam video tersebut (klik tautan ini untuk melihat video), ada ekspresi mirip dari Cheryl yang memperlihatkan sedang menangis. Lihat kemiripan yang ditemukan Cek Fakta Liputan6.com di bawah ini:

 

Chery menangis di channel YouTube X Factor UK (kiri) dan yang sudah diedit (kanan)

Dalam video di channel YouTube The X Factor UK, dijelaskan kalau ketiga juri, termasuk Cheryl menangis karena penampilan Josh Daniel, kontestan berusia 21 tahun yang menyanyikan lagu "Jealous" milik Labrinth. Video ini sudah berada di YouTube sejak 30 Agustus 2015.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar yang menampilkan Nissa Sabyan. Hasil tangkapan layar ditelusuri menggunakan Yandex.

Hasil penelusuran mengarahkan ke channel YouTube Net.Z, sebuah acara program acara televisi di Net. Video ini berada di YouTube untuk pertama kali pada 29 Mei 2018 dengan judul: "Sabyan Gambus - Deen Assalam. (Klik tautan ini untuk melihat video asli)

Untuk keterangan video, chanel YouTube NET.Z memberikan narasi sebagai berikut:

"Deen Assalam by Sabyan GambusSabyan Gambus, grup musik yang memperkenalkan musik gambus kepada millennials. Salah satu cover lagunya sempat trending #1 di YouTube selama beberapa minggu."

Berikut ini perbandingan yang asli dan palsu:

 

Aksi Nissa Sabyan sebelum diedit (kiri) dan yang sudah dimanipulasi (kanan)

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Nissa Sabyan membuat tiga juri X Factor menangis adalah hoaks. Faktanya, video yang viral di Facebook itu sudah dimanipulasi dengan menggabungkan dua video berbeda.

 


Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya