Hasil Survei Kemenkes dan ITAGI: Masyarakat Siap Dapat Vaksinasi COVID-19

Hasil survei yang diadakan Kementerian Kesehatan bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menunjukkan, mayoritas masyarakat siap mendapat vaksinasi COVID-19.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 18 Nov 2020, 17:53 WIB
Survei mengenai penerimaan vaksin COVID-19 ini juga didukung oleh UNICEF dan WHO.

Liputan6.com, Jakarta Hasil survei yang diadakan Kementerian Kesehatan bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menunjukkan, mayoritas masyarakat siap mendapat vaksinasi COVID-19. Survei mengenai penerimaan vaksin COVID-19 ini juga didukung oleh UNICEF dan WHO.

"Survei menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia telah mendengar tentang vaksin COVID-19 dan bersedia menerimanya," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi.

Survei tersebut berlangsung pada 19-30 September 2020 yang bertujuan memahami pandangan, persepsi, serta perhatian masyarakat tentang vaksinasi COVID-19. Survei melibatkan 115.921 responden dari 34 provinsi yang mencakup 508 kabupaten/kota atau 99 persen dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Hasil survei menunjukan tiga perempat responden menyatakan telah mendengar tentang vaksin COVID- 19 dan dua pertiga responden menyatakan bersedia menerima vaksin COVID-19.

Pada kelompok masyarakat dengan informasi yang lebih banyak seputar vaksin misalnya, mereka cenderung akan menerima pemberian vaksin COVID-19. Hal yang sama juga terjadi pada responden dengan kepemilikan asuransi kesehatan, sebagian besar dari mereka lebih mungkin menerima vaksin COVID-19. Ini menegaskan bahwa saat ini masih dibutuhkan informasi yang akurat tentang vaksin COVID-19.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:


Kelompok yang Ragu

Sementara itu, hasil survei juga menunjukkan adanya kelompok yang ragu dan sebagian kecil yang menolak. Tujuh persen responden yang menolak vaksin menyebutkan, faktor keamanan, efektivitas, serta kehalalan vaksin sebagai faktor pertimbangan mereka.

Oscar menyebutkan, saat ini pemerintah tengah memastikan aspek keamanan dan kehalalan vaksin dari para produsen vaksin COVID-19. Tim Gabungan yang terdiri dari berbagai kementerian dan lembaga telah dikirim ke negara produsen untuk memastikan aspek tersebut. Sembari menunggu ketersediaan vaksin di tanah air, Oscar menyebutkan bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi seputar vaksin COVID-19 akan terus dilakukan kepada masyarakat.

“Sangat penting bagi kami untuk terus memastikan bahwa vaksin tersebut aman. Kami juga melibatkan petugas kesehatan dan membangun kapasitas mereka, karena petugas kesehatan adalah sumber informasi paling terpercaya di masyarakat,” pungkasnya.

 


Infografis

Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya