Aksi Debus Jawara Banten Menyambut Kapolda Baru

Buket bunga untuk polisi dan jurnalis.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 06 Jan 2021, 16:14 WIB
Aksi debus Banten menyambut Kapolda baru di Mapolda Metrojaya, Selasa (24/11/2020)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan jawara Banten yang berpakaian serba hitam mendatangi gedung Polda Metro Jaya di Jakarta, Selasa siang (23/11/2020). Di tengah teriknya matahari mereka menggelar atraksi seni debus dengan menggunakan senjata tajam.

Aksi debus itu merupakan aktraksi budaya yang disuguhkan kepada masyarakat dan khususnya jajaran Polda Metro Jaya dalam rangka silaturahmi dengan Kapolda yang baru, Irjen Fadil Imran. Aksi simpatik ini sekaligus menunjukkan wujud dari kecintaan para jawara Banten terhadap NKRI dan dukungan penuh kepada POLRI dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Keadaan negara saat ini sebenarnya tidak membahayakan, hanya saja demi melihat situasi bangsa saat ini, kami hanya ingin menggaristengahi jangan sampai ada kegaduhan," kata Misro (53), koordinator aksi lapangan Aliansi Kerukunan Umat Raya (AKUR) yang juga menjabat sebagai ketua umum Padepokan Silat Seni Budaya Banten.

Menurutnya kegiatan ini bukan untuk mendeskriditkan sosok tertentu. Jika dikaitkan dengan situasi perpolitikan saat ini, AKUR lebih menempatkan diri sebagai pengingat yang berusaha menengahi, jangan sampai ada kegaduhan.

Di dalam pernyataan sikap, AKUR juga mengajak seluruh lapisan umat untuk tetap bersatu dalam menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi. Sebelum menyudahi aksi, Misro bersama rekan-rekannya menyerahkan buket bunga mawar merah dan putih kepada Kasubditpenas Polda Metro Jaya, AKBP Sujarwoto mewakili Kabid Humas Pola Metrojaya di halaman gedung Polda Metro Jaya. Kedua rangkaian bunga itu masing-masing ditujukan kepada Kapolda Metro Jaya dan para jurnalis di Indonesia.

"Apresiasi ini ditujukan kepada Polda Metro Jaya atas segala upaya yang selama ini dilakukan. Terimakasih atas dukungan yang diberikan," kata Kasubditpenas Polda Metro Jaya, AKBP Sujarwoto mewakili Kabid Humas Polda Metro Jaya usai menerima buket bunga.

Saksikan Video Pilihan Ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya