Simak 6 Informasi Hoaks yang Beredar dalam Sepekan

Berikut 6 informasi hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam sepekan

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 07 Des 2020, 09:00 WIB
Berikut 6 informasi hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam sepekan:

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com menelusuri beragam informasi yang beredar di dunia maya dan nyata dalam kurun waktu sepekan ini, dari hasil penelusuran tidak semua informasi tersebut benar, bahkan cenderung mengarah ke hoaks.

Informasi yang terbukti hoaks di antaranya Walikota Imbau Warga Tak Datang ke TPS saat Pilkada hingga Solo akan terapkan Lock Down.

Berikut 6 informasi hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam sepekan:

1. Walikota Surabaya Tri Rismaharini Imbau Warga Tak Datang ke TPS saat Pilkada

Beredar di media sosial postingan terkait Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang mengimbau warga tak datang ke TPS saat Pilkada 2020.

Unggahan tersebut menyertakan link artikel berita berjudul "Risma Imbau Warganya Tak Datang ke TPS Pencoblosan 9 Desember."

Selain itu terdapat juga narasi,

"Sby masuk zona merah/hitam lagi.... RS RKZ ICU Covid juga sdh full. Kita semua hrs lbh berhati² lagi... 🙏🙏🙏Berita hari ini RSLK indrapura pasien Covid naik 400 persen. RSHU(Husada Utama) juga naik 50 persen. Kita tdk boleh lengah. Tingkatkan Waspada rek!Ruang isolasi RSD Dr.Soetomo full penderita COVID.. barusan di radio SS. Ivoox di BaBe:Risma Imbau Warganya Tak Datang ke TPS Pencoblosan 9 DesemberKlik untuk baca artikel:"

Lalu benarkah Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau warganya tak datang ke TPS saat Pilkada nanti?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang menyebut Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau warganya tak datang ke TPS adalah hoaks. Faktanya Tri Rismaharini justru mengimbau warga menggunakan hak pilihnya.

 

2. Video Erupsi Gunung Semer

Beredar di media sosial video yang diklaim erupsi GUnung Semeru. Video tersebut diunggah sejumlah orang kemudian diberikan keterangan sebagai berikut "Erupsi Gunung Semeru....."

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video yang menyebut erupsi Gunung Semeru merupakan informasi yang salah. Sebab, itu merupakan guguran awan panas Gunung Sinabung.

 

3. Vaksin Covid-19 Bakal Dipasang Barcode

Beredar di media sosial postingan terkait vaksin Covid-19 yang akan diberikan barcode atau chip di tubuh manusia. Unggahan tersebut berupa potongan cuplikan berita dari website media online dengan judul "Vaksin Covid-19 Akan Dipasangi Barcode."

Selain itu ia menambahkan narasi: "Vaksin kok pake big data? Itu demi kesehatan atau karna ingin pemasangan chip/barcode untuk setiap manusia??

Lalu benarkah vaksin covid-19 akan diberikan barcode atau chip di tubuh manusia?.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang menyebut vaksin covid-19 akan dipasang di tubuh manusia adalah tidak benar. Faktanya barcode itu akan dipasang di botol atau kemasannya.

 

4. Foto Donald Trump sedang Menangis

Beredar di media sosial postingan terkait Presiden AS Donald Trump yang sedang menangis.

 

Cek Fakta Donald Trump menangis

Dalam postingannya terdapat foto Presiden AS Donald Trump yang sedang memegang matanya. Postingan tersebut disertai narasi:

"President Trump was moved by the love of his supporters and shed tears.Mr. President, he has a pure and kind heart. What Wonderful President"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Presiden Trump tersentuh oleh cinta para pendukungnya dan menitikkan air mata. Tuan Presiden, dia memiliki hati yang murni dan baik hati. Presiden yang Luar Biasa"

Lalu benarkah postingan yang menggambarkan Presiden AS Donald Trump sedang menangis?.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, postingan yang menyebut Presiden AS Donald Trump menangis adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut sudah dimodifikasi dengan menambah air mata.

 

5. Informasi Alfamart Rayakan Ultah Bagikan Voucher Rp 800 Ribu

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Alfamart merayakan ulang tahun dengan membagikan voucher gratis Rp 800 ribu.

Informasi Alfamart merayakan ulang tahun dengan membagikan voucher gratis Rp 800 ribu beredar secara berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

"* 🎉Perayaan ulang tahun Alfamart🎉*Alfamart menawarkan Voucher Rp 800.000 untuk semua orang

Menerima instruksi:1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi satu kali2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali 3. Acara ini tidak memerlukan biaya apapun

Dapatkan milikmu di sini GRATIS https://kupon.alfagrup.my.id/"

Benarkah informasi Alfamart merayakan ulang tahun dengan membagikan voucher gratis Rp 800 ribu?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Alfamart merayakan ulang tahun dengan membagikan voucher gratis Rp 800 ribu adalah hoaks.

Informasi tersebut bukan program resmi Alfamart, pelaku sengaja memanfaatkan momen ulang tahun Alfamart untuk melakukan perbuatan yang bisa merugikan konsumen.

Akibat yang ditimbulkan seperti pencurian data pribadi yang digunakan untuk kepentingan pihak tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu pula.

 

6. Kota Solo Bakal Terapkan Lockdown

Beredar di aplikasi percakapan terkait Kota Solo yang akan dilockdown mulai Desember hingga awal tahun depan. Pesan itu ramai dibagikan sejak akhir pekan ini.

Dalam pesan berantai isinya sebagai berikut:

"Sudah baca berita terakhir?⁣ Kota Surakarta, lockdown tidak hanya Pasar Gede nya, ya..⁣Melainkan pemerintah Kota Surakarta juga menetapkan lockdown per 10 Desember - 20 Januari 2021.⁣"

Selain banyak dibagikan di aplikasi percakapan, kabar ini juga ramai dibicarakan di media sosial.

Lalu benarkah Kota Solo akan lockdown pada 10 Desember 2020 hingga 20 Januari 2021?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com pesan berantai yang menyebut Kota Solo akan dilockdown mulai 10 Desember 2020 hingga 20 Januari 2021 adalah hoaks.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya