Polresta Banyumas Terjunkan Brimob dalam Operasi Besar Jelang Natal dan Tahun Baru

Tidak hanya melibatkan anggota Polresta Banyumas, tetapi juga personel Kompi 3 Batalyon B Pelopor Brimob Polda Jawa Tengah, TNI, dan Pemerintah Kabupaten Banyumas

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Des 2020, 05:30 WIB
Personel Brimob berjaga di area Polda Metro Jaya, Selasa (1/12/2020). Muhamad Rizieq Shihab bersama menantunya Hanif Alatas dipanggil penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus kerumunan di Petamburan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Banyumas - Kepolisian Resor Kota Banyumas menggelar patroli skala besar dengan menyusuri sejumlah ruas jalan utama serta mengecek pos pengamanan sejumlah gereja di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Patroli yang digelar usai apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2020, Senin, tidak hanya melibatkan anggota Polresta Banyumas, tetapi juga personel Kompi 3 Batalyon B Pelopor Brimob Polda Jawa Tengah, TNI, dan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Melenasir Antara, Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka itu ditujukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Terkait dengan apel gelar pasukan, Kapolresta mengatakan kegiatan tersebut digelar secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia, mulai dari tingkat Markas Besar Polri hingga satuan kewilayahan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Operasi Lilin Candi 2020 ini dilaksanakan serentak selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021," kata Kapolresta Banyumas.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Antisipasi Terorisme

Terkait dengan hal itu, dia meminta seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Candi 2020 untuk meningkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapan dalam melaksanakan pengamanan serta antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan Tahun Baru 2021.

Oleh karena saat sekarang masih dalam suasana pandemi COVID-19, kata dia, seluruh personel yang terlibat dalam operasi untuk tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

"Terapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta terapkan pola hidup sehat dan bersih," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya