Sony Setop Produksi PS4 Pro, Mulai Fokus ke PS5?

Sony Jepang baru saja mengumumkan akan menghentikan produksi PS4 Pro termasuk beberapa model PS4 lain.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 06 Jan 2021, 17:30 WIB
Konsol PS4. (Doc: Polygon)

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan telah menghentikan produksi PS4 Pro untuk wilayah Jepang. Karenanya, saat ini perusahaan hanya melanjutkan produksi untuk satu model PS4 saja.

Dikutip dari IGN, Rabu (6/1/2020), berdasarkan laporan Gamewatch, model yang tidak dilanjutkan produksinya adalah seluruh model PS4 Pro (CUH-7000), termasuk seluruh PS4 Slim kecuali model CUH-2000.

Untuk itu, model yang masih diproduksi saat ini adalah PS4 Slim Jet Black 500GB. Sementara untuk desain PS4 orisinal memang sudah tidak diproduksi.

Hanya untuk sekarang, kebijakan ini diketahui baru berlaku untuk pasar Jepang dan belum diketahui apakah berdampak pada pasar lainnya.

Namun menurut analisis, keputusan ini diambil Sony agar dapat meningkatkan produksi PS5. Terlebih, konsol anyar perusahaan disebut memiliki masalah ketersediaan unit sejak rilis.

Di samping itu, cara ini menjadi upaya perusahaan untuk mendorong transisi ke PS5. Sony sendiri memperkirakan transisi bagi konsumen untuk beralih dari PS4 ke PS5 sekitar tiga tahun.

Sebagai informasi, rencana Sony untuk menyetop produksi PS4 ini sebenarnya sempat diketahui sejak beberapa hari lalu. Ketika itu ada konsumen asal Jepang yang menyebut sejumlah model PS4 tidak lagi mendapat stok.


Sony Mulai Setop Produksi Konsol PS4 Model Tertentu?

Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Sebelumnya, sempat beredar kabar di internet, Sony berencana untuk menghentikan produksi model PS4 tertentu. Hal ini diperkuat oleh cuitan seorang konsumen di Jepang.

Sebagaimana dilansir VideoGamesChronicle, Senin (4/1/2021), gamer dan pengguna Twitter dengan akun Cheesemeister yang tinggal di Jepang memposting foto konsol PS4 yang dipasang di toko retail dengan beberapa tulisan.

Saat diterjemahkan pesan tersebut bertuliskan, "pelanggan yang terhormat: karena produksi konsol di pabrik akan berakhir, maka produk berikut tidak akan distok ulang." 

Adapun konsol PS4 yang disebutkan dalam daftar tersebut, termasuk PS4 500GB Glacier White, PS4 1TB Jet Black, PS4 1TB Glacier White, PS4 2TB Jet Black, dan PS4 Pro 1TB Glacier White.


Sempat Unggah Informasi Sama Akhir Tahun Lalu

PS4 Pro resmi meluncur dengan performa yang lebih tinggi dari PS4 versi awalnya. (BBC)

Lebih lanjut, ini bukan pertama kalinya Sony berencana untuk membatasi jumlah produksi konsol gim PS4 mereka.

Pada Desember 2020, perusahaan asal Jepang itu sempat menyatakan mereka tidak lagi menjual konsol PS4 Pro di toko retail.

Pesan itu langsung memicu banyak pihak dan spekulasi di komunitas gamer setia PlayStation, perusahaan memang sudah memiliki rencana untuk menghentikan proses penjualan PS4.

(Dam/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya