Filipina Lapor Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona COVID-19 dari Inggris

Filipina mengonfirmasi kasus pertama varian baru Virus Corona COVID-19 dari Inggris.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Jan 2021, 10:23 WIB
Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)

Liputan6.com, Manila- Filipina mengonfirmasi kasus pertama varian baru Virus Corona COVID-19 dari Inggris pada Rabu 13 Januari 2021.

Dilansir Xinhua News, Kamis (14/1/2021), Departemen Kesehatan Filipina (DOH) dan Pusat Genom Filipina (PGC) mengatakan varian baru COVID-19 jenis B.1.1.7. itu terdeteksi pada seorang warga yang tiba dari Uni Emirat Arab pada 7 Januari lalu.

Pria tersebut diketahui berangkat ke Dubai pada 27 Desember 2020 untuk perjalanan bisnis dan tiba di Filipina melalui penerbangan maskapai Emirates.

Pasien itu juga diketahui tiba di Filipina bersama seorang wanita yang diyakini pasangannya, namun wanita tersebut kemudian dites negatif COVID-19, menurut DOH.

"Kedua warga Filipina yang baru pulang itu tidak terpapar virus sebelum keberangkatan mereka ke Dubai atau melakukan aktivitas perjalanan di luar Kota Quezon," kata DOH, merujuk pada pinggiran kota di dekat Ibu Kota Manila.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:


Pelacakan Kontak Telah Dilakukan

Seorang perempuan yang mengenakan masker membuka pintu toko optik di kota Quezon, Filipina, Selasa (22/9/2020). Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan telah memperpanjang status masa darurat virus corona (Covid-19) di negaranya hingga satu tahun ke depan. (AP Photo/Aaron Favila)

Ditambahkan oleh DOH, bahwa "Pelacakan kontak (antara keduanya) telah dilakukan, dan kontak pertama yang teridentifikasi tidak menunjukkan gejala dan saat ini di bawah karantina mandiri yang ketat".

Seperti 32 negara dan wilayah lain, dalam upaya mencegah penyebaran varian baru COVID-19, Filipina telah menangguhkan kedatangan para pelancong dengan riwayat perjalanan ke Inggris. 

Sejauh ini, negara tersebut telah mencatat total  492.700 kasus Virus Corona COVID-19.

Kematian terkait COVID-19 di Filipina juga telah mencapai 9.699 jiwa.

 


Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah COVID-19

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya