Liputan6.com, Jakarta - Epic Games Store merilis statistik capaiannya sepanjang 2020 yang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan 2019.
Hingga akhir 2020 tercatat ada lebih dari 160 juta akun pemain di PC. Angka ini naik dibandingkan jumlah di 2019 yang jumlahnya 108 juta pengguna.
Advertisement
Jumlah pengguna aktif bulanan Epic Games pun meningkat hampir dua kali lipat.
Pada Desember 2019 jumlah pengguna aktif bulanannya sebanyak 32 juta, sementara pada Desember 2020 jumlah pengguna aktif mencapai 56 juta gamersper bulan.
Mengutip The Verge, Sabtu (30/1/2021), Epic juga melihat jumlah gamers aktif hariannya meningkat hingga 31,3 juta. Perusahaan mengklaim, ada peningkatan hingga 192 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Puncaknya, sebanyak 13 juta gamer main secara serentak pada 2020. Angka ini naik hampir dua kali lipat dibanding hari puncak pada 2019, yakni 7 juta gamers main bareng.
Tak mengherankan, capaian ini terwujud karena Epic memberikan gim gratis pada siapa pun tiap pekannya. Hal inilah yang membuat orang rajin menyambangi Epic Games Store tiap harinya.
103 Gim Dibagikan
Sepanjang 2020, ada 103 gim yang dibagikan. Gamers pun mengklaim lebih dari 749 juta kopi gim. Epic menyebut pihaknya akan terus berkomitmen melanjutkan tradisi ini pada 2021.
Epic Games Store pun begitu berkembang. Pasalnya secara keseluruhan, para gamers menghabiskan total USD 700 juta (setara Rp 9,8 triliun) sepanjang 2020. USD 265 juta di antaranya berasali dari gamers yang memainkan gim pihak ketiga yang tidak dibuat oleh Epic.
Advertisement
Bakal Permudah Pengembang
Epic mengatakan, dalam kurun waktu ke depan, pihaknya tengah bekerja untuk memudahkan pengembang menerbitkan gim di Epic Games Store.
Epic juga menyebut saat ini tengah mengerjakan fitur berorientasi komunitas, termasuk perombakan komponen sosial, profil pemain, dan pembaruan fitur pencapaian dan wishlist.
Ada prediksi bahwa dalam 10 tahun ke depan, Epic Games Store tidak akan melampaui Steam. Namun, dengan kinerja yang solid di 2020 ini, membuktikan bahwa ada ruang di industri gim untuk terus berkembang.
(Tin/Why)