Longsor Terjang Rumah Kontrakan di Depok, 20 Penghuni Mengungsi

Ketua RT setempat mengungkap bahwa longsor sudah tiga kali terjadi di lokasi yang sama.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 11 Feb 2021, 07:44 WIB
Ilustrasi tanah longsor

Liputan6.com, Depok - Tanah longsor yang terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Depok, Jawa Barat menerjang sebuah kontrakan di Perumahan Tirta Mandala, Cilodong. Peristiwa itu diketahui terjadi pada Selasa (9/2/2021) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Ketua RT setempat, Tuin mengatakan, longsor itu bukan pertama kalinya terjadi. Setidaknya longsor sudah terjadi tiga kali di lokasi yang sama.

"Ini longsor ketiga. Pertama longsor saat belum dibangun (rumah kontrakan), masih pohon pohon bambu. Ini ketiga," katanya, Rabu (10/2/2021).

Titik longsor berada di dinding Kali Jantung. Di sana berdiri rumah kontrakan delapan pintu. Longsor pertama terjadi ketika pondasi dibangun. Kedua terjadi saat kontrakan berdiri. Namun Tuin tidak ingat persis kapan detilnya.

"Kira-kira berkisar 3-4 tahun sebelum insiden longsor baru-baru ini. Yang kedua sudah jadi kontrakan. Selang beberapa tahun ini baru kejadian lagi. Lupa ya, sekitar 3-4 tahunan," katanya.

 

Load More

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


20 Penghuni Mengungsi

Lokasi longsor yang menimpa rumah kontrakan di RT2/3, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. (Istimewa)

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo menuturkan, longsor itu menyebabkan 20 penghuni kontrakan mengungsi. Kemudian ada juga satu motor dan mobil yang tertimpa.

"Longsor yang terjadi menutupi saluran air dan membuat air meluap di dalam kompleks," katanya.

 

Reporter: Nur Fauziah/Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya