Super Kuat, Pria Tiongkok Bisa Jalan Pakai Sepatu Baja Seberat 150 Kg

Seorang pria berkepala 5 berjalan pakai sepatu berpelat baja seberat 150 kg.

oleh Ignatia Ivani diperbarui 18 Feb 2021, 16:02 WIB
(Sumber: Oddity Central)

Liputan6.com, Jakarta Publik di media sosial dikejutkan oleh aksi eorang pria Tiongkok yang menjalani pelatihan unik. Tak tanggung-tanggung, ia berjalan menggunakan pelat baja yang dipasang di kedua kakinya.

Meskipun usianya nyaris memasuki kepala lima, tenaganya tak kalah kuatnya dengan pria-pria muda di luar sana.

Zhang Enshun, pria berusia 42 tahun tengah berlatih seni "sepatu besi" selama lima bulan belakangan ini.

Bangga dengan pencapaiannya, dia pun memperlihatkan cara berjalannya yang unik di tempat umum dan orang-orang yang berjumpa dengannya tampak terpukau.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Awal Zhang menekuni sepatu pelat baja

(Sumber: Oddity Central)

Rupanya, olahraga yang menempelkan beban di kakinya telah banyak diberitakan. Mendengar banyak manfaat yang ditawarkan, membuatnya tertarik untuk mencoba menekuni bidang ini.

Sebelum memulai latihan, Zhang mengikatkan balok besi ke kakinya pakai sabuk tebal yang juga diselingi olahraga tai chi agar olahraga semakin lengkap.

Tiap-tiap pelatnya memiliki beban 18,75 kg hingga total 150 kg di kedua kakinya. Secara signifikan Zhang mulai terbiasa dan berkeliling menyusuri jalanan sepanjang 200-300 meter setiap hari. 


Berat sepatu dua kali lipat berat badannya

(Sumber: Oddity Central)

“Berat sepatu ini lebih dari dua kali berat badan saya, tetapi saya bisa berjalan lebih dari 50 meter di dalamnya dalam waktu sekitar 20 menit,” kata Zhang Enshun.

Meskipun mengangkat beban empat kali lipat pada setiap kaki, ia masih mampu mengangkat kakinya 2 sentimeter dari tanah, dan maju hingga 20 sentimeter setiap langkahnya.


Manfaat dari olahraga yang dilakukan

Ini bentuk sepatu unik yang terbuat dari besi dengan desain menyerupai pistol dan peluru

Melansir dari Oddity Central, Pria asal Kota Yulin, Guangxi China mengklaim bahwa selain memperkuat otot dan tulang kaki, latihan sepatu besi meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan persendiannya.

Olahraga sepatu besi ini juga menyimpan risiko bagi pemula yang ingin mencobanya. Jangan sampai beban yang terlalu berat menyebabkan seseorang terluka parah.

Wakil Kepala Dokter Liang Zhou, Rumah Sakit Ortopedi Tradisional Cina dan Barat Terpadu Yulin mengatakan kepada HK01 News bahwa tulang setiap orang berbeda, serta tekanan yang dapat ditahan oleh tulang dan persendian seseorang terbatas.


Bukan satu-satunya

Zhang telah berlatih menggunakan sepatu besi nan berat itu selama 7 tahun.

Zhang Enshun bukan satu-satunya dari beberapa orang Tiongkok yang mendapatkan ketenaran internet karena pelatihan dalam seni sepatu besi.

Pada 2012, seorang pria bernama Wu Kong mencetak rekor nasional untuk berjalan dengan sepasang sepatu besi khusus seberat sekitar 400 kilogram.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya