Menolak Dry Food, 4 Trik Ubah Sesi Makan Kucing Jadi Lebih Seru

Makanan kucing kering alias dry food kini jadi pilihan kebanyakan cat owner karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, praktis, dan hemat.

oleh Reza pada 17 Feb 2021, 17:58 WIB
Makanan kucing

Liputan6.com, Jakarta Makanan kucing kering alias dry food kini jadi pilihan kebanyakan cat owner karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, praktis, dan hemat. Sayangnya, anabulmu justru tampak malas-malasan saat memakannya dan membuatmu mulai mengkhawatirkan kesehatannya. Jangan menyerah, coba trik berikut ini untuk membuat sesi makan jadi lebih menyenangkan bagi kucingmu.

Manfaatkan Botol Plastik

Makanan kucing

Kucing termasuk hewan peliharaan yang masih mempertahankan naluri alaminya untuk berburu. Terkadang menemukan makanan sudah siap di wadahnya membuat anabul gampang bosan dan kehilangan nafsu makannya. Coba solusi sederhana dengan mengambil botol plastik kosong dan buat beberapa lubang di dalamnya dengan ukuran lebih besar dari potongan dry food.

Masukkan beberapa dry food dan tutup kembali, lalu letakkan botol di dekat kucingmu. Setelah mendeteksi aroma makanan, hewan peliharaanmu mungkin akan mengais-ais botol untuk mendapatkan camilan. Jika tampak kebingungan, bantu dengan menggelindingkan botolnya secara perlahan untuk mengeluarkan makanannya.

Berburu Harta Karun

Ilustrasi kucing

Cara mudah lainnya untuk merangsang keinginan kucing menyantap dry food adalah mengubah sesi makan menjadi perburuan harta karun. Sembunyikan makanannya di sekitar area favorit hewan peliharaanmu di siang hari. Mulai dari beberapa potongan kecil di ketinggian, dekat jendela, atau rutenya berjalan. Selain membuatnya lebih menyukai makanan kering, bonus tak terduga ini bisa bikin kucing lebih happy.

Manfaatkan Naluri Alaminya

ilustrasi kucing

Di alam terbuka, kucing bergantung pada skill berburunya untuk mendapatkan makanan, mulai dari mengintai, menerkam, dan menangkap mangsanya. Coba biarkan anabul menikmati kerja kerasnya dalam mendapatkan makanan. Gunakan mainan interaktif misalnya alat pancing yang digerakkan seperti mangsanya.

Jangan melambaikan mainan berisi dry food ke wajah kucing, tapi ciptakan ketertarikan dengan meniru gerakan serangga, baik beterbangan di udara atau melompat di tanah secara bergantian. Diamkan mainan sebentar agar kucing dapat memanfaatkan instingnya untuk menguntit dan memburunya.

Pastikan Lingkungannya Mendukung

Bisa jadi kucingmu enggan makan dry food karena lingkungannya yang membuat nafsu makannya jadi menurun. Jangan membiarkan makanannya berubah basi atau lembek karena terpapar udara terlalu lama. Jika ada hewan peliharaan lain di rumah, pertimbangkan untuk menempatkan tempat makannya di lokasi lain yang memberikan rasa tenang, seperti jendela atau tempat tinggi lainnya. 

Selain itu, pastikan wadah makannya bersih dengan mencucinya secara teratur. Tak perlu ragu karena liur kucing sebenarnya tidak najis, apalagi jika memberikan Muezza yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Selain terjamin halal, brand makanan kucing kering ini juga mengandung nutrisi yang lengkap dengan kadar yang tepat, sesuai dengan formula yang dirancang ahli nutrisi. Diolah dari bahan alami dengan teknologi modern, Muezza membantu menjaga kucing tetap sehat. Tersedia dalam 4 varian lezat yang disukai kucing, segera pesan cat food berkualitas ini di Shopee dan Tokopedia.

(*/eth)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya