Simak Kumpulan Hoaks yang Mengubah Artikel

Berikut hoaks yang mengubah artikel.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 14 Mar 2021, 08:09 WIB
Ilustrasi Hoaks. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks yang beredar di media sosial beragam bentuknya, seperti mengubah artikel tidak sesuai dengan aslinya. Hal ini tentu akan menyesatkan penerima informasi tersebut jika mudah mepercayainya tanpa melakukan verifikasi. 

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah klaim berupa artikel, berikut hoaks yang mengubah artikel:

1. Judul Artikel Jual Miras Hukumnya Boleh untuk Membantu Kas Negara

ma'ruf miras

 

Cek Fakta Liputan6.com mendapati tangkapan layar judul artikel Kompas.com jual minuman keras (miras) hukumnya boleh untuk membantu kas negara. Tangkapan layar judul artikel tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Tangkapan layar judul artikel Kompas.com "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Membantu Kas Negara" dimuat pada Rabu 17 Februari 2021, pukul 08.34 WIB, dalam tangkapan layar artikel Kompas.com juga menampilkan foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Benarkah tangkapan layar judul artikel Kompas.com jual miras hukumnya boleh untuk membantu kas negara?. Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  tangkapan layar judul artikel Kompas.com "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Membantu Kas Negara" tidak benar.

Judul artikel dalam tangkapan layar tersebut telah diubah, tidak sesuai dengan judul artikel aslinya.

 

2. Judul Artikel Tentang Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim artikel terkait desain masjid hadiah Pangeran Arab
\

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu".

Klaim judul artikel tersebut diunggah Unggul Abimanyu, pada 4 Maret 2021. Unggahan tersebut berupa judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu".

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat foto Masjid Shaikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Kemudian tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Terimakasih pangeran arab dan pak presiden..."

Benarkah judul artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu"? Simak penelusuran Cek Fakta Luputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim artikel "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun,Kalau Bisa Kardun Jangan Sholat di Sini,Sebab Mengganggu" tidak benar.

Kalimat dalam judul artikel tersebut telah ditambah dari judul aslinya, "Mewah, Inilah Desain Masjid Hadiah Pangeran Arab untuk Jokowi di Solo, Sabtu Besok Mulai Dibangun".

 

3. Judul Artikel Ketua RT Rawa Buaya Sebut Kekurangan Anies Tak Punya Otak

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim judul artikel CNN Indonesia ketua RT Rawa Buaya menyebut kekurangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak punya otak. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Reza Pratama , pada 7 Maret 2021.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul artikel CNN Indonesia "Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Otak" yang dimuat pada Senin, 22 Februari 2021. Pukul 14.32.

 

Penelusuran klaim judul artikel CNN Indonesia ketua RT Rawa Buaya menyebut kekurangan Anies tak punya otak

Dalam tangkapan layar judul artikel tersebut terdapat foto Anies Baswedan sedang keluar dari mobil berwarna hitam.

Benarkah klaim judul artikel CNN Indonesia ketua RT Rawa Buaya menyebut kekurangan Anies tak punya otak? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim judul artikel CNN Indonesia ketua RT Rawa Buaya menyebut kekurangan Anies tak punya otak tidak benar.

Dalam artikel sebenarnya berjudul "Ketua RT Rawa Buaya: Satu Kekurangan Anies, Tak Punya Buzzer".

 

Simak Video Berikut


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya