Resmikan Bandara Haji Muhammad Sidik, Wapres: Upaya Tingkatkan Konektivitas

Wapres mengapresiasi bandara yang berada di ibu kota Kabupaten Barito Utara ini karena dibangun dengan mengusung kearifan lokal.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 30 Mar 2021, 13:53 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Kota Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/03/2020). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan bahwa salah satu prioritas pembangunan infrastruktur saat ini adalah bandara. Pembangunan bandara sangat esensial karena bertujuan mempersatukan Indonesia melalui konektivitas antarwilayah di seluruh Tanah Air.

"Pembangunan Bandara Haji Muhammad Sidik merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas udara," ungkap Wapres saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik di Kota Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah, Selasa (30/03/2020).

Wapres menuturkan bahwa pembanguna Bandara Haji Muhammad Sidik sangat penting karena sejalan dengan program prioritas nasional yaitu untuk mendukung pembangunan lumbung pangan (food estate).

"Pengadaan bandara ini juga sejalan dengan pembangunan lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi program prioritas nasional," ujar dia.

Lebih jauh, Wapres mengapresiasi bandara yang berada di ibu kota Kabupaten Barito Utara ini karena dibangun dengan mengusung kearifan lokal.

"Bandara dibangun dengan bentuk rumah adat Betang dan motif Saluang Teweh serta ornamen motif sulur khas Kalimantan Tengah, yang tentunya juga akan menambah kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah akan keberadaan bandara ini," ujarnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Dikelola dengan Baik

Untuk itu, Wapres berharap Bandara Haji Muhammad Sidik dapat dikelola dengan baik, sehingga mampu memberikan kontribusi positif dalam mendukung pergerakan ekonomi, industri wisata, industri kelapa sawit, serta pertambangan batubara dan emas di Kalimantan Tengah.

"Saya juga berharap, agar kerja sama dengan maskapai-maskapai penerbangan dapat dijalin dengan baik. Demikian juga dengan layanan kargo, sehingga komoditas produk yang dihasilkan dari Kabupaten Barito Utara dapat didistribusikan ke berbagai wilayah," harapnya.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrohim, saya nyatakan Bandar Udara Haji Muhammad Sidik ini resmi beroperasi," pungkasnya.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya