3 Fakta Terkait Aksi Densus 88 Antiteror Memburu Terduga Teroris di Jakarta

Densus 88 Antiteror Polri kembali menggerebek rumah terduga teroris di Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa siang, 6 April 2021.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Apr 2021, 14:56 WIB
Polisi bersenjata berjaga-jaga saat berlangsungnya olah TKP di rumah terduga teroris di Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2019). Densus 88 Antiteror Mabes Polri menggelar olah TKP di rumah terduga teroris E alias Abu Rafi alias Pak Jenggot (51). (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini pencarian para terduga teroris masih terus gencar dilakukan oleh Densus 88 Antiteror. Terdapat beberapa terduga teroris yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) di Jakarta.

Salah satunya berinisial YI, terduga teroris yang belum lama ini kediamannnya di Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan digerebek Densus 88, Selasa, 6 April 2021. 

Penggerebekan ini sempat viral usai diunggah oleh salah satu netizen ke media sosial. Akun Instagram @cetul.22 bahkan membeberkan secara detail sejumlah barang yang dikumpulkan tim Densus Polri ke dalam tiga kardus.

Selain YI, terduga teroris lainnya yang kini dalam perburuan adalah AN, ARH, dan NF. Ketiganya merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya di Jakarta, Tanggerang, dan Bekasi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan, status buron telah disematkan ke terduga teroris itu pada 3 April 2021.

Berikut deretan fakta terkait penangkapan terduga teroris di Jakarta oleh Densus 88 Antiteror dihimpun Liputan6.com:

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Gerebek Rumah Terduga Teroris di Tanjung Barat

Densus 88 Antiteror Polri kembali menggerebek rumah terduga teroris di Kelurahan Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa siang, 6 April 2021. Kanit Reskrim Polsek Jagakarsa AKP Mujianto membenarkan kabar tersebut.

"Saya hanya membenarkan saja (rumah terduga teroris digerebek)," ujarnya saat dihubungi, Rabu, 7 April 2021. 

Saat Densus 88 Antiteror Polri melakukan penggerebekan, seorang netizen mengunggah foto yang memperlihatkan situasi rumah saat didatangi polisi dan kondisi rumah terduga teroris tersebut di akun Instagram miliknya.

Pada foto yang diunggah oleh akun Instagram @cetul.22, terlihat sejumlah barang-barang dikumpulkan ke dalam tiga kardus dan dituliskan secara detail barang-barang yang berhasil dibawa oleh petugas. 

"Penggeledahan 1 rumah terduga berafiliasi dengan Kasus penggerebekan di Condet tersebut an YI RT 06 RW 03 No. 19 Kel. Tanjung Barat Kecamatan Jagakarsa Jaksel 6-4-2021 + jam 14.00 BB diamankan 1 bilah Samurai Seragan Laskar FPI Sepatu PDL Laskar FPI Ketapel," tulisnya.

 


2. Polri Buru 3 Buron Terduga Teroris di Jakarta

Selain itu, Densus 88 juga memburu tiga orang terduga teroris lainnya yang masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) di Jakarta. Tiga terduga teroris ini merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa status buron telah disematkan kepada terduga teroris itu sejak 3 April 2021.

"DPO tersebut ada empat. Nomor 1, 2, 3, dan 4 atas nama YI, AN, ARH, dan NF. Dari keempat tersebut, DPO nomor 2 telah ditangkap. Sehingga dari empat itu, tinggal tiga tersangka DPO yang masih belum ditangkap," ujar Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 7 April 2021. 

 


3. Ada 10 DPO yang Telah Diamankan

Ahmad menambahkan, ada sekitar 10 orang yang masuk DPO dan kini telah berhasil diamankan Densus Antiteror 88 Polri di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"DPO tersebut terkait dengan pengembangan aksi-aksi terorisme yang telah dilakukan penangkapan beberapa hari yang lalu," jelasnya.

 

Cinta Islamiwati 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya