Mesin Fusi China Pecah Rekor, Salip Suhu Inti Matahari Asli hinggga 8 Kali Lipat

Pada hari Jumat 4 Juni 2021, mesin fusi Akademi Ilmu Pengetahuan China mencapai 120 juta derajat Celcius (216 juta derajat Fahrenheit) dan bertahan selama 101 detik.

oleh Hariz Barak diperbarui 06 Jun 2021, 19:30 WIB
Penampakan reaktor di China yang disebut 'matahari buatan' atau Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). (sumber: Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences)

Liputan6.com, Beijing - China telah mencapai tonggak baru dalam eksperimen kemanusiaan untuk memanfaatkan kekuatan bintang-bintang.

Pada hari Jumat 4 Juni 2021, 'matahari buatan' atau sebuah mesin fusi Akademi Ilmu Pengetahuan China mencapai 120 juta derajat Celcius (216 juta derajat Fahrenheit) dan bertahan selama 101 detik.

Terakhir kali, EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak atau HT-7U) mencatatkan durasi yang jauh lebih sebentar pada tahun 2017, dengan suhu yang hanya mencapai 50 juta ° C saja.

Pada tahun 2018, reaktor menahan gas yang dipanaskan di luar tolok ukur 100 juta derajat yang dianggap penting untuk menghasilkan daya, tetapi hanya dapat mempertahankan plasma selama sekitar 10 detik.

Sekarang teknologi itu menghasilkan plasma pada delapan kali suhu inti Matahari atau 15 juta ° C untuk periode yang begitu lama, demikian seperti dikutip dari Sciencealert, Sabtu (5/6/2021).

Rekor baru itu dianggap sedikit lebih dekat ke energi bersih terbarukan yang sangat dicari pada masa kini.

"Terobosannya adalah kemajuan yang signifikan, dan tujuan akhir harus menjaga suhu pada tingkat yang stabil untuk waktu yang lama," kata fisikawan Southern University of Science and Technology Li Miao kepada Global Times.

Kekuatan fusi memanfaatkan reaksi yang terjadi jauh di dalam Matahari, meremas atom hidrogen bersama-sama menjadi elemen yang lebih besar seperti helium. Di mana Matahari mengandalkan gravitasi untuk memaksa atom bersama-sama, di sini di Bumi kita harus menggunakan cara yang kurang halus, meningkatkan suhu dalam generator yang dibangun khusus untuk menghasilkan kekuatan atom-melding.

 


Energi Bersih Setara Ratusan Liter Bensin

Penampakan reaktor di China yang disebut 'matahari buatan' atau Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). (sumber: Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences)

Para peneliti memperkirakan bahwa jumlah deuterium - bentuk hidrogen yang stabil yang mengandung satu proton dan satu neutron - dalam satu liter air laut dapat menghasilkan energi yang setara dengan 300 liter bensin melalui fusi nuklir.

Dibutuhkan sekitar 300 ilmuwan dan insinyur untuk mendukung dan mengoperasikan fasilitas eksperimental yang berisi EAST. Tabung logam besar berbentuk donat ini memiliki serangkaian kumparan magnetik yang digunakan untuk menahan aliran superpanas plasma hidrogen yang memperbesar di sekitar inti.

Tantangannya adalah menahan plasma di tempat cukup lama, dalam inferno yang cukup panas, agar fusi terjadi. Ini harus lebih panas dari Matahari karena gravitasi bintang kita yang jauh lebih kuat membantu memeras inti bersama - sesuatu yang tidak bisa kita replikasi di bumi ini.

Dengan potensi teoritis untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar tanpa gas rumah kaca dan hampir tidak ada limbah radioaktif, kekuatan fusi dianggap oleh beberapa orang sebagai cawan suci energi bersih.

Namun, saat ini fusi nuklir belum menjadi kepastian, dengan 'matahari buatan' yang berfungsi penuh masih mungkin puluhan tahun lagi. Para ilmuwan bahkan belum mencapai titik di mana reaktor fusi dapat meludahkan lebih banyak energi daripada yang dikonsumsi, tetapi beberapa ahli berpikir kita semakin dekat.

Korea memegang rekor sebelumnya 100 juta °C selama 20 detik. Sekarang, matahari buatan China juga berhasil mencapai 160 juta derajat ° C (288 juta ° F) selama 20 detik, tetapi masih ada jalan panjang untuk pergi untuk mendapatkan plasma stabil pada suhu tinggi yang diperlukan.

Fusi nuklir adalah pengejaran besar untuk masyarakat minim-karbon di masa depan, tetapi sementara itu, kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk beralih ke teknologi daya bersih yang terbukti untuk memastikan kita bahkan dapat mencapai masa depan seperti itu.

Dan setiap langkah maju untuk fusi nuklir tentu memicu kegembiraan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya