Jadikan Menari Sebagai Olahraga Super Menyenangkan agar Tetap Bugar

Tubuh bugar bisa didapat hanya dengan menari seperti latihan Zumba

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Jun 2021, 07:00 WIB
Zumba Merupakan Aktivitas Fisik yang Menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menari adalah seni gerakan ekspresif yang bisa memberikan kebahagiaan. Menari bukan hanya dilihat sebagai olahraga, tetapi juga bentuk dari mengekspresikan diri.

Menggerakan badan mengikuti ritme dan alunan musik saat menari dapat membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati.

Menurut Evelyn Liem, pecinta Zumba® yang telah menari selama enam tahun, seseorang harus menjadikan menari sebagai bagian dari rutinitas untuk merasakan hari yang menyenangkan dan mengenal diri kita lebih baik.

“Sejak pertama kali mengikuti Zumba®, saya akhirnya menemukan apa yang saya cari. Saya suka menari mengikuti alunan musik sejak kecil. Zumba® memberikan kesempatan untuk menemukan kembali passion yang hilang,” katanya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 24 Juni 2021.

Selama 20 tahun terakhir, tidak diragukan bahwa Zumba® telah membantu banyak orang di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat melalui menari.

Zumba® terus berkembang menjadi lingkungan yang menyenangkan dan aman untuk mendorong semangat orang-orang meraih lebih banyak manfaat bukan hanya kesehatan fisik tapi juga kestabilan emosi dan kepercayaan diri.

 

Simak Video Berikut Ini


Menari Saat Berjuang Lawan Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian Journal of Applied Gerontology, menari merupakan salah satu cara penghilang stress yang efektif. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut, Evelyn mengungkapkan bahwa menari bukan sekadar olahraga, lebih dari itu, sejak mengikuti Zumba® Evelyn menemukan harapan untuk bisa sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya sejak lima tahun yang lalu.

“Saya menemukan ‘rumah kedua’ saat dunia seakan runtuh, ketika saya didiagnosa terkena kanker. Zumba® memberi harapan dan kekuatan untuk terus menjalani hidup karena saya menemukan kebahagiaan dari kegiatan menari. Saya sangat bersyukur bertemu dengan teman-teman yang memberi energi positif untuk kesembuhan saya,” katanya.

Zumba® merupakan olahraga yang menyenangkan karena suara musik yang lantang dan irama yang dinamis. Kombinasi irama Internasional dan Latin menciptakan suasana layaknya berpesta.

Hasilnya para peserta tidak ragu untuk menggerakan badan dan kaki mereka mengikuti alunan musik, karena sangat terbawa dengan suasana di kelas. Sambil bersenang-senang, mereka membakar kalori dan meningkatkan fleksibilitas.

Semakin cepat Anda menari, semakin cepat pula jantung Anda berdetak, menjadikan jantung lebih kuat dan lebih sehat. Menurut laporan New England Journal of Medicine, para peneliti menemukan bahwa menari mempunyai dampak yang signifikan terhadap kognisi mental, termasuk peningkatan keseimbangan dan koordinasi.

 


Zumba, Olahraga Aerobik yang Menyenangkan

Denada Tambunan, instruktur Zumba® sejak2020, menceritakan perjalanan transformasinya melalui menari.

“Zumba® adalah olahraga aerobik yang menyenangkan yang menggabungkan gerakkan tari, dimana saya mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Saya sangat senang menari sampai terkadang lupa bahwa saya sedang olahraga. Zumba® dapat membakar 800 kalori per jam, membuat saya berenergi dan siap untuk memulai hari. Zumba® membuat saya merasa bugar, kuat dan tidur lebih nyenyak,” kata Denada.

Denada, mengatakan, menari dapat menghasilkan endorfin yang meningkatkan suasana hati.

Zumba® adalah olahraga yang tepat bagi mereka yang ingin bersenang-senang, menggerakkan tubuh, dan mendapat teman baru. Berkomitmen dengan bentuk latihan yang sederhana lebih baik dibanding tidak memulai apa pun. 


Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta. (Liputan6.com/Abdillah)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya