Daftar 8 Gol Bunuh Diri di Euro 2020 / 2021

Kesialan-kesialan yang terjadi selama Euro 2020 / 2021.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Jun 2021, 14:45 WIB
Kiper Slovakia, Martin Dubravka melakukan gol bunuh diri saat melawan Spanyol dalam laga Grup E Euro 2020 di La Cartuja Stadium, Sevilla, Rabu (23/6/2021) malam WIB. (Foto: AP/Pool/Julio Munoz)

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi terakbar seantero Eropa, Euro 2020 / 2021 kini telah memasuki babak 16 besar. Sempat tertunda setahun akibat pandemi covid 19 yang melanda dunia, turnamen antarnegara Benua Biru itu akhinya bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Dalam perjalanannya, tak hanya rekor-rekor menarik yang tericpta. Sederet kesialan juga menimpa sejumlah pemain, salah satunya lahirnya gol bunuh diri yang sangat merugikan bagi timnya.  

Teranyar, kiper Slowakia Martin Dubravka dan rekannya Juraj kucka baru saja masuk ke daftar ini setelah keduanya malah mengoyak jala gawangnya pada laga terakhir grup E antara Slovenia kontra Spanyol, Rabu (23/6/2021).

Total sudah ada 8 gol bunuh diri yang telah tercipta ke gawang sendiri pada Euro 2020 / 2021. Torehan ini memecahkan rekor gol bunuh diri terbanyak pada edisi sebelumnya, Euro 2016 yang hanya berjumlah 3 gol. Bahkan, torehan unik ini lebih subur dari pemuncak daftar top skor sementara yang kini masih dipimpin mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo dengan koleksi 5 gol.

 


Daftar Pencetak Gol Bunuh di Euro 2021

Striker Italia, Domenico Berardi (tengah) dkk. merayakan gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral dalam laga Grup A Euro 2020 di Olimpico Stadium, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. (Foto: AP/Alessandra Tarantino/Pool)

Merih Demiral (Turki)

Gol bunuh diri pertama di turnamen ini dibuat oleh Merih Demiral pada laga melawan Italia, di Stadion Olimpico Roma, Sabtu (12/6/2021). Kemelut yang terjadi didepan gawang Turki, membuat bek asal Juventus itu salah mengantisipasi bola yang mengarah ke gawangnya sendiri.

Wojciech Szczesny (Polandia)

Berikutnya, ada Wojciech Szczesny melakukannya pada laga pembuka grup E menghadapi Slowakia, di Stadion Kretovsky, Saint Petersburg, Senin (14/6/2021). Tendangan keras pemain Slowakia yang membentur tiang gawang dari jurus kembali memantul terkena kepala sang kiper.

 


Selanjutnya

Mats Hummels (Jerman)

Bek berpengalaman timnas Jerman, Mats Hummel juga tidak luput dari kesalahan. Halauan bola yang tak sempurna dari sang bek membuat timnya harus kalah 0-1 dari Prancis, di Allianz Arena, Munich pada Rabu (16/6/2021).

Ruben Dias (Portugal)Gol bunuh diri mengkapi mimpi buruk Portugal kala berhadapan dengan Jerman, di Allianz Arena, Munich, Sabtu (19/6/2021). Umpan silang dari sisi kiri pertahanan Portugal yang salah diantisipasi oleh Ruben Dias memaksa Rui Patricio harus memungut bola dari gawangnya sendiri dalam kekalahan 2-4 atas Der Panzer.

Raphael Guerreiro (Portugal)

Masih pada pertandingan yang sama, dengan kronologis yang hampir mirip namun dari sisi kanan, harus Raphael Guerreiro malu setelah bola tersebut membentur kakinya dan masuk ke gawang timnya.

 


Selanjutnya

Lukas Hradecky (Finlandia)

Kipernya lainnya yang menciptakan gol ke gawangnya sendiri adalah, Lukas Hradecky. Hradecky awalnya ingin menepis bola sundulan bek Thomas Vermaelen, namun justru si kulit bundar malah membentur badannya dan masuk ke gawang pada laga melawan Belgia di Stadion Kretovsky, Saint Petersburg, Selasa (25/6/2021).

Martin Dubravka (Slowakia)

Teranyar, ada nama Martin Dubravka.Kesalahan konyol yang dilakukan kiper Newcastle United ini terjadi setelah dirinya berhasil menggagalkan penalti Alvaro Morata. Niat awal ingin meninju bola yang melambung tinggi di kotak penalti, justru malah mengoyak gawangnya sendiri di laga kontra Spanyol, di Stadion Olimpiade Sevilla, Sevilla, Rabu (23/6/2021).

Juraj Kucka (Slowakia)

Pada laga yang sama, Juraj Kucka juga melakukan hal yang memalukan tapi berbeda cara. Sang pemain awalnya ingin menghalau umpan silang dari pemain Spanyol. Namun apa daya, bola malah mengarah ke gawangnya sendiri.

 

Penulis: Akbar Bintang Fahrizal

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya