Tes SKD CPNS 2021 Terbagi Jadi 3 Kelompok, Ini Dia Kisi-Kisinya

Tes SKD CPNS 2021 terbagi jadi tiga kelompok tes, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 29 Jul 2021, 17:28 WIB
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Nilai ambang batas atau passing grade SKD CPNS 2021 resmi dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Tes SKD CPNS 2021 terbagi jadi tiga kelompok tes, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

"SKD CPNS 2021 terbagi jadi tiga kelompok, yaitu TWK dengan 30 butir soal, TIU 35 butir soal, dan TKP 45 butir soal," jelas Analis Perencanaan Kementerian PANRB Aldita Adnan Wrisaba dalam sesi teleconference, Kamis (29/7/2021).

Aldita memaparkan, Tes Wawasan Kebangsaan terdiri dari 5 item, meliputi Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia.

Dari kelompok tes ini, peserta SKD CPNS 2021 akan diuji terkait identitas dan komitmen untuk mencapai tujuan nasional, hingga pemahaman soal nilai-nilai dalam Pancasila serta UUD 1945.

 

Saksikan Video Ini


Tes TIU

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara dalam tes TIU, peserta Tes SKD akan ditantang kemampuan verbal yang terdiri dari 3 sub item seperti analogi, silogisme dan analitis.

Item berikutnya pada TIU berupa Numerik yang akan menguji peserta lewat kemampuan berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.

Lalu juga ada kategori soal dalam kelompok Figural yang terdiri dari tiga sub item terkait analogi, ketidaksamaan hingga serial.

Sedangkan untuk materi soal TKP, peserta SKD CPNS 2021 akan diuji lewat enam pertanyaan seputar pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi komunikasi (TIK), profesionalisme, hingga anti radikalisme.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya