Guru Kreatif, Sulap Bus Bergaya Vintage Jadi Kelas TK Berjalan

Guru TK itu mengaku tak sengaja membeli bus sebelum terpikir menjadikannya sebagai ruang kelas berjalan.

oleh Henry diperbarui 07 Agu 2021, 06:08 WIB
Guru di Amerika Serikat Mengajar di Bus yang Dibuat Desain Vintage. (dok.Instagram @theclassroomtogo/https://www.instagram.com/p/CLGCNnkgnZn/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 berdampak pada beragam bidang kehidupan, termasuk kegiatan pendidikan. Seorang guru preschool atau prasekolah di California, Amerika Serikat (AS) bernama Jerilee Melo juga terkena dampak pandemi. Biasa mengajar di dalam kelas, Melo terpaksa harus berhenti mengajar di awal masa pandemi.

Siapa sangka, mengajar di dalam bus menjadi pilihannya sampai saat ini. Saat pandemi mulai melanda dan semua kegiatan pendidikan digelar secara online, Melo tidak mau mengambil pilihan tersebut.

Dilansir dari ABC News, Kamis, 5 Agustus 2021, wanita berusia 36 tahun ini lebih memilih mengajar langsung di dalam kelas. Wanita yang sudah menjadi guru preschool selama empat tahun ini sempat bimbang dengan pilihan kariernya.

Setelah beberapa bulan, Melo akhirnya memutuskan untuk mengambil risiko. Ia tak mau terlalu lama menunggu terjadinya perubahan sehingga terkesan hanya jalan di tempat.

Melo melakukan hal tak terduga, yakni membeli sebuah bus di Facebook Marketplace yang akan digunakannya sebagai tempat untuk mengajar murid-muridnya. "Saya waktu itu terbawa emosi, banyak yang terbawa emosi saat belanja. Saya sampai tidak sadar sudah membeli sebuah bus," canda Melo.

Ia kemudian merenovasi bus itu dan pada Agustus 2020 mulai mengajar kembali. Sebagian besar dari mereka adalah muridnya sebelum pandemi. Selama mengajar, ia tidak menjalankan busnya tapi memarkirkannya di beberapa tempat secara bergantian. Dengan begitu, mereka bisa melihat beragam pemandangan dan suasana di tiap sesi belajar.

Meski suka berpindah tempat, Melo tetap menerapkan protokol kesehatan atau prokes dengan baik di bus sekolahnya. Ia membagi muridnya dalam beberapa kelas dan tiap kelas maksimal terdiri dari lima orang saja. Ia dan para siswa selalu memakai masker di dalam kelas.

"Aku baru merasakan sekarang bisa menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah dengan bus ini. Selama ini aku lebih banyak berada di dalam rumah karena merasa lebih aman dan menerapkan jarak sosial," ujarnya.

"Aku seperti mendapat pencerahan karena menjalani sesuatu yang baru, yang sebelumnya tak pernah terbayangkan di masa pandemi. Ini jadi cara baru untuk mengajar yang menarik bagiku," sambungnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:


Menang Kontes

Guru di Amerika Serikat Mengajar di Bus yang Dibuat Desain Vintage. (dok.Instagram @theclassroomtogo/https://www.instagram.com/p/CMbKUXvhgcx/Henry)

Satu hal lagi yang tak kalah menarik bagi Melo. Ia merenovasi busnya dengan konsep desain vintage ala 70an. Bus tersebut masih didominasi warna kuning, tapi dibuatt desain beragam bunga berukuran besar yang didominasi warna cokelat dan merah muda.

Bagian dalamnya juga direnovasi menjadi lebih cantik dan menarik. Bagian dalam bus diubah menjadi tempat belajar dengan menepatkan beberapa buah meja dan kursi. Desain menarik itu bisa terwujud berkat bantuan seorang selebgram yang juga pernah menjadi guru, yaitu Brittany Jelena.

Pada November 2020, Melo memutuskan untuk mengikuti sebuah kontes yang diadakan Jelena. Lewat akun Instagramnya, Jeltema membuat kontes untuk merenovasi tempat belajar atau kelas pengajaran yang dianggap unik dan menarik. Tanpa disangka, Melo ternyata memenangkan kontes tersebut.

Jeltema memgaku sangat tertarik melihat foto-foto bus milik Melo yang saat itu sedang direncanakan menjadi kelas untuk anak-anak prasekolah. "Ini cara yang inovatif dalam mengajar. Aku terkesan dan ingin membantunya mewujudkan impiannya punya kelas berjalan," ucap Jeltema.

"Saat Jeri mengirimkan foto-foto busnya, saya sangat terkesan dan ada beragam ide muncul dalam pikiran saya. Aku tahu aku bisa memmbantunya membuat suasana belajar yang lebih menarik lagi," sambungnya.


Jadi Inspirasi

Guru di Amerika Serikat Mengajar di Bus yang Dibuat Desain Vintage. (dok.Instagram @theclassroomtogo/https://www.instagram.com/p/CN-KCcHMME-/Henry)

Jeltema dan timnya kemudian menyambangi Melo di Valencia, California untuk mengubah kelasnya menjadi bernuansa vintage tapi dengan sentuhan kekinian.  Melo sangat puas dan senang melihat hasilnya.

Ia berharap inovasinya dalam mengajar bisa jadi inspirasi bagi guru-guru lainnya di masa pandemi yang sulit diprediksi. Menrut Melo, banyak guru yang jenuh dan bahkan ketakutan karena mereka merasa harus berada di dalam kelas, padahal itu masih sulit dilakukan saat ini.

"Sebagai guru atau pengajar, kita tidak selalu harus di dalam kelas. Aku pikir para guru bisa mengajar di mana saja. Mereka perlu memperluas pandangan dan wawasan. Jadi mengajar tak harus di dalam kelas karena kemampuan guru sanbgat berharga," pungkas Melo.


Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya