Cara PLN Jadi Perusahaan Terkemuka se-Asia Tenggara

Pencapaian itu sekaligus merupakan harapan PLN agar menjadi perusahaan listrik nomor satu pilihan pelanggan.

oleh stella maris diperbarui 07 Agu 2021, 16:53 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini PT PLN (Persero) terus mendorong digitalisasi yang merupakan bagian transformasi perusahaan guna memacu gerak, cara berpikir baru, hingga pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Ya, penerapan transformasi tersebut menjadi cara PLN untuk mengakselerasi visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara. Tak hanya itu saja, pencapaian itu sekaligus merupakan harapan PLN agar menjadi perusahaan listrik nomor satu pilihan pelanggan.

Agar tercapai visi perusahaan, PLN pun membuat sejumlah program digitalisasi. Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan PLN tidak mungkin bisa mengelola dengan semuanya dengan cara manual. Oleh karena itu PLN memanfaatkan perkembangan teknologi yang kini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

"Kami semua berharap dengan penerapan transformasi ini maka upaya mencapai visi tersebut bisa lebih terakselerasi. Kami terus berinovasi dalam banyak hal, dari hulu sampai hilir, dari sisi energi primer, pembangkitan, sampai pada peningkatan kepuasan bagi pelanggan," katanya.

Zulkifli menambahkan, digitalisasi akan membuat PLN bisa bergerak dengan cara pikir baru, cara berkomunikasi yang lebih efisien, cara memonitor yang lebih luas jangkauannya dan lebih terintegrasi, dan juga cara pengambilan keputusan yang lebih cepat.

Beberapa capaian program digitalisasi yang berhasil mendorong kinerja adalah transformasi Dispatch Opimization dan Digital Procurement. Transformasi Dispatch Opimization menjadikan pengaturan sistem kelistrikan andal, kualitas dan ekonomis.

Di sisi lain, transformasi Digital Procurement menjadikan proses pengadaan terdigitalisasi secara end to end sehingga proses menjadi lebih transparan, simpel, dan efisien.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, sejumlah prioritas program digitalisasi PLN. Saat ini, lanjutnya, PLN tengah membangun smart grid.

"Kami mendigitalisasi pembangkit. Kemudian PLN melakukan digitalisasi distribusi dan transmisi. Selain itu, juga digitialisasi advance meter ke infrastruktur PLN," katanya.

 

(*)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya