Kapolsek Pesanggrahan Ungkap Banyak Warga Terpapar Hoaks Vaksin Covid-19

Masih banyak warga perkampungan di Bintaro yang mempercayai berita hoaks berkaitan vaksin Covid-19.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 12 Agu 2021, 13:50 WIB
Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid-19 (Liputan6.com / Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolsek Pesanggrahan, Kompol Endy Mahandika, mengungkapkan masih banyak perkampungan di Bintaro yang mempercayai berita hoaks berkaitan vaksin Covid-19.

Karena itu, pihaknya pun memutuskan menyambangi rumah masyarakat satu persatu guna mengedukasi warga di sana. Sekaligus menggelar vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah atau door to door di Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan.

"Untuk door to door ini sudah dilakukan sejak kemarin hingga sisa hari ke depan," kata Endy dikutip dari Antara, Kamis (12/8/2021).

Endi menambahkan, selain menyasar warga yang terpapar hoaks vaksin Covid-19, vaksinasi door to door ini sekaligus melayani warga yang tidak memiliki waktu menerima vaksin karena pekerjaan.

"Kemudian kami coba bantu jelaskan. Lalu ada juga yang sehari-harinya memang berkebun, sehingga untuk datang ke gerai tidak punya waktu. Lewat program ini berhasil mendatangi warga untuk melakukan vaksinasi," ucap dia.

Endy menyebut Vaksinasi Merdeka door to door hingga kini sudah menjangkau lebih dari 50 warga. Rencananya layanan ini akan terus berlanjut hingga 17 Agustus 2021 mendatang sesuai jadwal Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Polda Metro Jaya.

"InsyaAllah kami akan berlanjut sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan warga masyarakat. Total sudah mencapai 10.000 warga yang sudah divaksin di wilayah Pesanggrahan. Kemarin di 9.900. Hari ini kami akan mencapai di angka 10.000 lebih," ujarnya.

Kendati demikian, Endy mengungkapkan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya masih jauh dari target sehingga pihaknya akan terus melakukan percepatan demi tercapainya herd immunity (kekebalan komunal) di tengah masyarakat.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya