Luhut Sebut Tingginya Kasus Aktif Covid-19 karena Pasien Isoman di Rumah

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bogor tercatat 1.378 pada Jumat 13 Agustus 2021.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Agu 2021, 16:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi beberapa Sentra Vaksinasi dan Pusat Isolasi Terpadu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bogor tercatat 1.378 pada Jumat 13 Agustus 2021.

Berdasarkan data tersebut dia ingin pemerintah daerah untuk melakukan penangan yang baik dengan melakukan 3T (testing, tracing dan treatment) dan memaksimalkan fasilitas isolasi terpusat (isoter).

"Berdasarkan data sampai kemarin (13-08-2021), kasus aktif di Kabupaten Bogor masih ada 1.378. Dan ini perlu penangangan yang baik," kata Luhut di Jakarta, Sabtu (14/8).

Kasus aktif ini kata dia disebabkan karena banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah. Padahal sebaiknya melalukan isolasi mandiri di tempat terpusat.

"Kelemahan kita itu karena isoman (isolasi mandiri) di rumah terlalu banyak. Kalau kena, paling bagus itu masuk Isoter. Karena di Isoter itu semua ada. Dokternya ada, makannya bagus, obatnya cukup, pemeriksaan lainnya bagus," tutur Luhut.

Hingga saat ini tingkat persentase pasien isoman di Kabupaten Bogor sebesar 51 persen. Untuk itu, Pemda Kabupaten Bogor diharap untuk lebih kooperatif dan meningkatkan kinerja.

Khususnya memaksimalkan fasilitas Isoter yang sudah disiapkan pemerintah agar pasien bisa lebih terpantau dan tertangani dengan baik. Luhut juga menyebut persentase kesembuhan pasien Isoter bisa mencapai 99,9 persen. Bahkan, di Buleleng tingkat kesembuhannya bisa mencapai 100 persen.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyuntikan Vaksin Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi beberapa Sentra Vaksinasi dan Pusat Isolasi Terpadu di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 Agustus 2021.

Luhut pun mengklaim telah bersepakat dengan Bupati Bogor untuk melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 sehari 100 orang. Dia ingin komitmen tersebut mulai dijalankan pekan depan

"Kami sudah sepakat, Bu Ade (Bupati Bogor) harus bisa menyuntik (vaksin) 100.000 per hari. Diharapkan mulai minggu depan sudah mulai bisa," pungkas Menko Luhut.

Luhut juga menyarankan agar Pemda Kabupaten Bogor memberikan perhatian khusus vaksinasi bagi ibu hamil. Pentingnya vaksinasi ini guna mencegah Covid-19, khususnya ditengah kemunculan varian baru yaitu varian Delta.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya