Mobil Amfibi Ini Masuk Daftar Lelang, Presiden Amerika Pernah Punya

Salah satu inovasi mobil dua dunia adalah Ampicar 770. Kendaraan buatan Jerman ini terinspirasi oleh Hans Trippel.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Agu 2021, 12:06 WIB
Mobil amfibi bekas mantan Presiden Amerika. (foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu inovasi mobil dua dunia adalah Ampicar 770. Dikutip dari Carscoops, kendaraan buatan Jerman ini terinspirasi oleh Hans Trippel.

Trippel diketahui mengagumi kendaraan amfibi sejak tahun 1930-an. Dia pernah membuat Trippel SG6 Schimmwagen yang digunakan oleh militer Jerman selama Perang Dunia II.

Lalu, pada 1961, Ampicar 770 ini diluncurkan dan menyasar pada pasar Amerika Serikat. Trippel percaya bahwa pasar di Negeri Paman Sam memang menjanjikan.

Mobil ini menggendong mesin rear mounted 1147 cc Triumph empat silinder. Mesin tersebut bisa menyemburkan daya hingga 47 bhp.

Kendaraan itu ditunjang dengan girboks empat percepatan dan baling-baling yang memudahkan mobil untuk melaju di permukaan air.

Nama 770 ini berasal dari kemampuan Ampicar yang bisa melaju 7 mil atau 11 Km per jam di air dan 70 mil atau 112 Km per jam di darat.

Melihat kecepatan ini, Ampicar belum bisa disebut dengan mobil atau perahu motor yang baik.

 


Laku 4 Ribu Unit 

Faktanya, hampir semua orang tak memerlukan mobil dan perahu motor dalam satu bentuk. Hal ini terlihat dari ada 4 ribu Ampicar yang terjual selama 1961-1968.

Salah satu pembeli Ampicar adalah Presiden Lyndon Johnson. Mobil itu tersimpan di sebuah peternakan di Texas, Amerika Serikat.

Kini mobil itu dilelang di Carmel, California, Amerika Serikat. Diprediksi harga mobil ini senilai US$40 ribu-US$50 ribu (Rp576,04 juta-Rp720 juta).

Penulis : Delfina Rahmadhani / Dream.co.id


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya