Cara Mengetahui Lolos atau Tidak pada Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 18

Pendaftaran Program Kartu Kerja Gelombang 18 sudah ditutup pada 19 Agustus 2021 pada pukul 12.00 WIB.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Agu 2021, 17:00 WIB
Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 sudah ditutup Kamis kemarin pada 19 Agustus 2021 pada pukul 12.00 WIB.

Adapun gelombang 18 ini merupakan perekrutan Kartu Prakerja tahap pertama di semester II 2021. Dengan total anggaran yang disediakan sebesar Rp 10 triliun.

Anggaran Program Kartu Prakerja akan diberikan kepada sekitar 2,8 juta peserta, dengan nilai insentif Rp 3.550.000 per orang.

"Pola dan skema pelaksanaan program di semester 2 ini sama dengan pola dan skema di semester 1 2021," ujar Louisa.

Para peserta pendaftaran masih menunggu pengumuman hasil kartu prakerja gelombang 18. Untuk memastikan apakah calon peserta lolos atau gagal, terdapat dua metode yang dapat dilakukan.

Caranya yakni dengan mengunjungi situs prakerja di prakerja.go.id atau mengecek pesan singkat yang akan dikirim ke nomor Anda.

Melansir dari laman prakerja.go.id, Senin (23/08/2021), cara mengecek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 18 adalah sebagai berikut.

1. Dashboard Prakerja

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk pengecekan berkala dengan masuk ke laman Kartu Prakerja menggunakan akun masing-masing yang sudah terdaftar sebelumnya.

Kemudian, jika Anda dinyatakan lolos, calon peserta dapat melihat Kartu Prakerja dan akan muncul status saldo pada dashboard akun.

Untuk melihat nomor Kartu Prakerja, calon peserta perlu menonton tiga video yang telah disediakan oleh situs yang berisikan informasi terkait Kartu Prakerja, seperti arahan mengenali tantangan dunia kerja hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

 

 


Cara Lain

Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

 

2. Mengecek Pesan Singkat

Calon pendaftar dapat mengecek juga hasil seleksi atau pengumuman kelulusan tersebut melalui pesan singkat. Menurut Manajemen Pelaksana (PMO) dari Kartu Prakerja, pengumuman bisa juga dikirimkan melalui notifikasi pesan singkat kepada calon pendaftar yang dinyatakan lolos.

Notifikasi SMS nantinya akan dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan pada saat mendaftar akun baru. Oleh karena itu, harus dipastikan kembali nomor yang dicantumkan merupakan nomor yang aktif.

Selanjutnya, SMS yang dikirimkan akan diberikan pada tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Apabila peserta mendapatkan pernyataan lolos, maka dapat mengikuti tahap selanjutnya berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya