Instagram Berencana Pensiunkan Fitur Swipe Up pada 30 Agustus 2021

Instagram berencana untuk mempensiunkan fitur Swipe Up pada 30 Agustus mendatang dan menggantinya dengan fitur bernama Stiker Link yang memungkinkan pengguna mengklik stiker untuk mengunjungi laman web eksternal.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 24 Agu 2021, 11:00 WIB
Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Instagram akan mempensiunkan fitur Swipe Up. Swipe Up merupakan fitur yang memungkinkan orang mengunjungi website eksternal dengan cara men-swipe up atau gulir layar Stories ke atas.

Rencana Instagram untuk mempensiunkan fitur Swipe Up mulai 30 Agustus 2021. Informasi ini berdasarkan notifikasi yang dilihat oleh The Verge dan telah dikonfirmasi oleh pihak Instagram.

Mengutip The Verge, Selasa (24/8/2021), alih-alih menggunakan Swipe Up, Instagram mengatakan pengguna bisa memakai stiker link yang persis seperti namanya, stiker yang bisa di-tap dalam Stories.

Tujuannya pun sama seperti swipe up, yakni membawa pengguna mengunjungi situs web eksternal.

Perusahaan mengatakan, pihaknya menghentikan fitur Swipe Up untuk merampingkan pengalaman dalam membuat Stories. Dengan begitu, pengguna bisa merasakan lebih banyak kontrol kreatif, mengingat tampilan stiker lebih menarik ketimbang Swipe Up.

Fitur stiker link sendiri diuji coba oleh Instagram pada Juni ini. Instagram menguji stiker link untuk banyak pengguna alih-alih hanya mereka yang sudah memiliki hak Swipe Up.

Sekadar informasi, akses atas fitur Swipe Up hanya bisa digunakan oleh pengguna yang terverifikasi atau setidaknya memiliki 10.000 followers.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Stiker Link Dianggap Lebih Cocok Buat Instagram

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Saat pengujian, mantan kepala produk Instagram Vishal Shah mengatakan, dibandingkan Swipe Up, stiker link lebih cocok dengan cara orang menggunakan platform saat ini.

"Tujuannya adalah menyebarkan stiker secara lebih luas. Perbedaan utama antara kedua fitur tersebut, selain dari perbedaan gerakan adalah pada stiker link pengguna bisa menanggapi Stories, sementara pada fitur Swipe Up, pengguna tidak bisa memberikan tanggapan atas Stories," katanya.


Pertimbangkan Rilis Stiker Link untuk Semua Pengguna

Logo baru Instagram (Sumber: The Guardian).

Perusahaan pun mengatakan, untuk saat ini hanya para pengguna yang memiliki hak atas Swipe Up yang akan mendaparkan opsi stiker. Namun Instagram masih mengevaluasi untuk meluncurkannya ke lebih banyak pengguna.

"Update ini akan membantu kami menentukan apakah hal tersebut merupakan keputusan yang tepat, sebelum memperluas akses atas stiker link ke lebih banyak orang," kata juru bicara Instagram kepada The Verge.

(Tin/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya