Peserta Lolos Kartu Prakerja Gelombang 18 Diumumkan, Selanjutnya Apa?

Peserta kartu prakerja yang lolos bisa mengetahuinya melalui SMS yang mereka terima atau dengan mengecek langsung melalui dashboard di akun masing-masing.

oleh Nurmayanti diperbarui 25 Agu 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi kartu prakerja. Prakerja.go.id

Liputan6.com, Jakarta Peserta kartu pekerja gelombang 18 yang lolos sudah diumumkan, pada Kamis 24 Agustus 2021. Sebanyak 800 ribu pendaftar lolos seleksi.

Peserta yang lolos bisa  mengetahuinya melalui SMS yang mereka terima atau dengan mengecek langsung melalui dashboard di akun Kartu Prakerja masing-masing.

"800 ribu orang yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja gelombang 18," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, kemarin.

Mungkin ada yang bertanya kemudian apa yang harus dilakukan bila sudah dinyatakan lolos program kartu prakerja?

Simak langkah-langkah berikut:

1. Setelah menerima SMS notifikasi lolos seleksi, cek dashboard Sobat di www.prakerja.go.id.

Peserta akan menemukan Nomor Kartu Prakerja dalam bentuk 16 angka serta saldo Kartu Prakerja sebesar Rp 1 juta.

2. Saldo Kartu Prakerja hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan di Platform Digital, tidak bisa dicairkan atau diuangkan.

Kemudian masukkan 16 angka Nomor Kartu Prakerja ketika melakukan pembayaran.

3. Peserta harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak menerima SMS notifikasi. Kalau tidak, kepesertaan Sobat akan dicabut.

4. Insentif hanya akan cair jika peserta sudah menyelesaikan pelatihan pertama, sudah menerima sertifikat, serta memberikan rating dan ulasan di dashboard Prakerja.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Cek Kelolosan

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

1. Dashboard Prakerja

Calon peserta secara berkala dapat memantau dashboard di laman Kartu Prakerja dengan log in menggunakan akun masing-masing.

Jika dinyatakan lolos, calon peserta bisa melihat nomor Kartu Prakerja dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, pendaftar perlu menonton 3 video yang telah disediakan. Video tersebut berisi informasi dasar terkait Kartu Prakerja, seperti arahan mengenali tantangan di dunia kerja hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

 


Cara Lain

Ilustrasi Program Kartu Prakerja. Dok prakerja.go.id

2. Cek SMS

Calon peserta juga bisa mengecek kepastian lolos atau tidaknya pendaftaran via SMS. Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada pendaftar yang dinyatakan lolos.

Notifikasi SMS tersebut akan dikirimkan ke nomor telepon yang digunakan saat membuat akun. Oleh karenanya, pastikan nomor yang telah dimasukan saat mendaftar telah benar dan masih aktif.

SMS nantinya akan diberikan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka bisa mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya