Bakal Segera Dirilis, Simak Bocoran Motor Adventure Terbaru Honda

Honda diketahui tengah merancang motor adventure terbaru. Hal itu diketahui lewat sebuah gambar yang beredar di media sosial.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Sep 2021, 16:09 WIB
Honda CRF190L. (Greatbiker)

Liputan6.com, Jakarta - Honda diketahui tengah merancang motor adventure terbaru. Hal itu diketahui lewat sebuah gambar yang beredar di media sosial. Lebih menarik lagi, motor yang bakal dinamai Honda CRF190L itu segera dirilis di pasar otomotif Tiongkok.

Sundiro Honda Motorcycle Co, LTd (Sundiro Honda) yang bermarkas di Taicang Provinsi Jiangsu, China disebut sebagai otak dari pengembangan CRF190L. Dari gambar yang beredar, fisiknya bisa dibilang punya DNA yang mirip dengan CRF1000L Africa Twin.

CRF1000L Africa Twin memang mengisi kasta tertinggi dari produk adventure motor Honda. Tak salah rasanya, jika pabrikan menurunkan desain dan gaya ke model mesin lebih kecil yang tentunya mengundang keuntungan bagi penjualan.

Dari gambar tersebut, kita bisa lihat Honda CRF190L memiliki desain motor yang mengarah ke adventure rally dakar. Di mana dia menggunakan setang bermodel tinggi serta melebar, dan mengaplikasikan komponen windscreen besar pada bagian depan. Ciri selanjutnya adalah jarak main suspensi depan yang lebih dibuat sedikit panjang. 

Kemudian komposisi joknya juga dibuat menyatu, lagi-lagi mirip dengan Africa Twin dan Honda CRF250L Rally yang kita kenal di Indonesia. Tapi jujur saja memang, desain fascia dari motor yang diduga CRF190L ini punya tampilan yang menarik.

Sektor pencahayaan depan menggunakan desain lampu model persegi panjang menekuk yang secara keseluruhan mengikuti paten dari motor rally.

Area bodi depan juga terlihat 'pesek' mengingatkan kita dengan desain dari KTM 790 Adventure. Buka cuma itu, hadir pula komponen shroud yang mempertegas tampilan garangnya.

Sementara untuk area kaki-kaki, haluan depan masih terlihat menggunakan model suspensi teleskopik yang dipadukan dengan monoshock di bagian belakang. Adapun untuk kedua rodanya mengaplikasikan model velg jari-jari dan ban dual purpose.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berbagi Mesin yang Sama

Di pasar otomotif Tiongkok, Honda memiliki beberapa line-up motor berkubikasi mesin 190 cc. Misalnya Honda CB190R, Honda CBF190R, sampai CBF190X.

Ketiga motor ini memakai jantung pacu yang sama, jika ada perbedaan diferensiasinya hanya di besaran output yang tentu diselaraskan dengan tampilan.

Bocoran untuk Honda CRF190L akan dibenamkan mesin yang serupa. Rangka berjenis teralisnya itu diharapkan menggendong mesin 184 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi.

Yang mana tenaga maksimalnya bisa menyentuh 16 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi puncak mencapai 15,4 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm

Peluang motor ini masuk jalur produksi pun sangat besar, mengingat permintaan segmen motor adventure semakin populer. Ditambah secara posisi motor ini akan mengisi segmen entry level, namun secara tampilan kental sebuah motor sport berkubikasi mesin besar. 

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut soal banderol jualnya, namun kita bisa sedikit menganalisa jika motor ini akan memiliki harga yang mirip-mirip dengan tipe motor 190 cc Honda yang lainnya yang dijual mulai Rp 30 sampai Rp 36 jutaan.

Menarik juga untuk membahas potensi kehadirannya di Indonesia. Ya setidaknya bisa mengisi celah atau pilihan baru di antara Honda CRF150L dan Honda CRF250 Rally.

Sumber: Oto.com


Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya