Sinopsis Film Athirah, Gambarkan Kisah Perjuangan Ibunda Jusuf Kalla

Film Athirah mengikuti kisah Athirah, perempuan asli Bugis, Makassar yang gigih berjuang demi keluarganya.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Sep 2021, 14:00 WIB
Film Athirah dapat disaksikan di platform streaming Vidio. (Dok. Vidio)

Liputan6.com, Jakarta Film Athirah diangkat dari novel karya Alberthiene Endah yang berjudul sama. Berkisah tentang seorang perempuan Bugis bernama Athirah, yang tak lain adalah ibu dari mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini berhasil mengantongi banyak penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia, di antaranya untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Film Athirah disutradarai oleh Riri Riza dan dibintangi oleh Cut Mini, Christoffer Newlan, Tika Bravani, serta Indah Permata Sari. Premis film ini tentang drama pernikahan, yang merupakan salah satu isu populer di era modern.

Penonton diajak melihat perbedaan isu yang sama namun terjadi di masa yang berbeda. Berikut sinopsis film Athirah selengkapnya.

 


Sinopsis Athirah

Athirah (Foto: Netflix)

Film ini menceritakan Athirah, perempuan asli Bugis, Makassar yang gigih berjuang demi keluarganya. Athirah menikah dengan Puang Aji dan menjalani kehidupan pernikahan yang harmonis dan bahagia. 

Mereka memutuskan pindah dari Bone ke Makassar untuk menjalankan bisnis keluarga dari nol hingga kemudian sukses besar. Cobaan pernikahan Athirah dimulai disaat suaminya mulai melirik wanita lain.

Bahkan tanpa diketahui Athirah, suaminya menikah lagi dengan wanita lain. Namun, Athirah tidak bisa melarang perbuatan suaminya karena pada tahun 1950-an, poligami masih menjadi budaya lazim bagi masyarakat di daerahnya.

 


Konflik Lain

Film Athirah (Twitter/Miles Film)

Dari sini lah kemudian berbagai konflik lain terjadi dalam rumah tangga Athirah. Permasalahan tersebut mempengaruhi anaknya, termasuk si sulung Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil Ucu. 

Ucu yang saat itu dengan mendekati wanita pujaannya, terhalang dengan rumor ayahnya yang menikahi perempuan lain. Athirah pun dilema, di satu sisi ia masih mencintai suaminya dan tidak tega memisahkan anak-anak dari ayahnya.

Namun di sisi lain, Athirah sudah dikhianati suaminya. Lalu, bagaimana kelanjutan kisah cinta Athirah dan keluarganya? Apakah Athirah mengakhiri hubungannya dan memilih merawat anak-anaknya?

Temukan jawabannya dengan nonton film Athirah yang dapat disaksikan di layanan streaming Vidio. 

 

Penulis : Aulia Putri Andrika 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya