Terkuak, Ini Alasan Ratu Elizabeth II Sampaikan Ucapan HUT Korut ke Kim Jong-un

Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO) mengirim pesan kepada rakyat Korea Utara atas nama Ratu Elizabeth.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 15 Sep 2021, 20:01 WIB
Ratu Elizabeth II, Pangeran William, dan Kate Middleton (dok. Instagram @kensingtonroyal)

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II mengirim pesan ucapan selamat kepada diktator Korea Utara Kim Jong-un pada hari nasional negara itu pekan lalu.

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan kepada CNN bahwa Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Inggris (FCDO) mengirim pesan kepada rakyat Korea Utara atas nama Ratu Elizabeth II., demikian dikutip dari laman hindustantimes, Rabu (15/9/2021).

Juru bicara kerajaan juga menambahkan bahwa itu adalah "praktik standar" yang mirip dengan hari-hari nasional lainnya di seluruh dunia dan "telah dilakukan sebelumnya."

"Saat rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara) merayakan hari nasional mereka, saya mengirimkan harapan baik saya untuk masa depan," demikian bunyi pesan yang dikirim oleh Ratu Elizabeth, menurut media pemerintah Korea Utara Korean Central News Agency (KCNA).

KCNA juga mengkonfirmasi pesan dari Ratu Inggris diterima pada 7 September, dua hari sebelum negara itu merayakan ulang tahun ke-73, menurut sebuah laporan di Daily Mail.

"Kim Jong-un pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), menerima pesan ucapan selamat dari Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris dan Irlandia Utara pada 7 September," bunyi laporan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baru Dipublikasi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat selama perayaan ulang tahun negara ke-73 negara itu di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Kamis (9/9/2021). Korea Utara dilaporkan menggelar parade militer pada dini hari dalam rangka merayakan HUT ke-73 (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Seorang pejabat FCDO mengatakan kepada CNN bahwa Ratu juga telah mengirim pesan ucapan selamat yang serupa ke Korea Utara di tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun ini adalah pertama kalinya pesan seperti itu diungkapkan kepada publik.

Korea Utara menandai hari nasionalnya tahun ini dengan parade militer tengah malam di ibu kota Pyongyang. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sebelumnya dilaporkan muncul di peron di alun-alun Kim Il-sung dan melambai ke arah kerumunan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya