Top 3 News: Berdiri Kokoh Tugu Sepatu di Jantung Ibu Kota DKI Jakarta

Menurut Riza Patria, selain dapat mempercantik kota, keberadaan tugu sepatu tersebut diyakini dapat menambah pengetahuan masyarakat.

oleh Ika DefiantiLiputan6.com diperbarui 17 Sep 2021, 10:10 WIB
Pemprov DKI Jakarta membangun tugu sepatu di pinggir Jalan Sudirman. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mempercantik kota terus dilakukan. Salah satunya dengan membangun berbagai instalasi menarik di jantung Ibu Kota yang sekaligus diharapkan menjadi nilai edukasi bagi warga Jakarta

Salah satunya berdiri kokoh tugu sepatu di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Kamis, 16 September 2021.

Menurut Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, tugu sepatu tersebut merupakan hasil kolaborasi antara BUMD DKI dan PT Jakarta Tourisindo. 

Berita lainnya yang tak kalah disorot publik terkait jatuhnya Pesawat Rimbun Air PK-OTW di Bukit Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Tiga orang meninggal dunia dalam insiden yang terjadi pada Rabu pagi waktu setempat, Rabu 15 September kemarin. Mereka adalah Mirza selaku pilot, Fajar sebagai co-pilot, dan Iswahyudi sebagai mekanik.

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, ketiga korban akan dimakamkan di kampung halaman masing-masing.

Seiring ditemukannya ketiga jenazah, Tim SAR gabungan juga menemukan kotak hitam Rimbun Air. Guna menyelidiki jatuhnya pesawat, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan penyelidikan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi telah mengubah nama Gelanggang Olahraga (GOR) Rorotan Cilincing dengan nama Sekda Saefullah.

Menurut Anies, pergantian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan hingga penghormatan Saefullah untuk DKI Jakarta.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 16 September 2021:


1. Pemprov DKI Jakarta Bangun Tugu Sepatu di Pinggir Jalan Sudirman

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun tugu sepatu di pinggir Jalan Sudirman. Instalasi sepatu raksasa itu berada persis di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa tugu sepatu tersebut dibangun hasil kolaborasi sejumlah pihak, termasuk BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo.

"Kita ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya dengan tugu sepatu. Itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour ya detailnya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (16/9/2021).

Riza menuturkan, keberadaan instalasi sepatu raksasa tersebut layaknya di kota-kota besar dunia. Misalnya di Arab Saudi, terdapat tugu sepeda.

Selain dapat mempercantik kota, keberadaan tugu juga diyakini dapat menambah pengetahuan masyarakat.

 

Selengkapnya...


2. 4 Perkembangan Terbaru Pesawat Rimbun Air yang Jatuh di Pegunungan Papua

Salah satu armada pesawat milik Maskapai Rimbun Air. (www.rimbunair.com)

Insiden jatuhnya Pesawat Rimbun Air PK-OTW di Bukit Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua menewaskan tiga orang kru pesawat.

Upaya evakuasi telah dilakukan oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari masyarakat, Basarnas dan TNI, Rabu, 15 September kemarin malam sekitar pukul 23.30 WIT.

Ada pun identitas ketiga korban yang berhasil diidentifikasi adalah Mirza selaku pilot, Fajar sebagai co-pilot, dan seorang mekanik atau engineering atas nama Iswahyudi.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, para korban akan dimakamkan ke kampung halaman masing-masing. 

"H Mirza selaku pilot akan diterbangkan ke Bogor. Kemudian Fajar selaku copilot, akan diterbangkan ke Jati Makmur Pondok Gede Bekasi. Terakhir Iswahyudi selaku enginering akan diterbangkan ke Balik Papan Kalimantan Timur," jelas Ahmad, Kamis (16/9/2021).

 

Selengkapnya...


3. Bentuk Penghargaan, Anies Baswedan Ubah Nama GOR Rorotan Menjadi Sekda Saefullah

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melepas kontingen PON XX Papua. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan nama baru untuk Gelanggang Olahraga (GOR) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (16/9/2021). GOR tersebut diberi nama Sekda Saefullah.

Kata Anies, penamaan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penetapan Nama Jalan, Taman dan Bangunan Umum di DKI Jakarta.

Selain itu, penggantian nama disahkan dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 115 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Gelanggang Olahraga Sekda Saefullah.

"Penamaan ini untuk menjadi inspirasi bagi para anak muda, generasi baru di kawasan Rorotan. Mereka bisa menyaksikan bahwa ada putra Rorotan yang tumbuh besar, di saat tempat ini masih minim fasilitas, masih minim infrastruktur, dan bisa menjadi pribadi yang memberikan manfaat amat besar bagi Ibu Kota," kata Anies dalam keterangan tertulis.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan peresmian perubahan nama tersebut tepat setahun meninggalnya Saefullah pada 16 September 2020.

 

Selengkapnya...

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya