Menjilat Bibir Saat Kering? Jangan Diteruskan, Ini Alasannya!

Alih-alih ingin menjaga bibir terhidrasi, justru dapat membuatnya semakin kering.

oleh stella maris diperbarui 23 Sep 2021, 11:38 WIB
Kenali penyebab dan penanganan kulit kering di pinggir bibir

Liputan6.com, Jakarta Faktanya memang nggak semua orang memiliki kondisi bibir yang lembab dan selalu sehat. Sebagian besar malah sering mengalami bibir yang kering dan pecah-pecah.

Ketika bibir kering dan pecah-pecah tentu menurunkan rasa percaya diri kita. Biasanya, mereka yang mengatasi masalah bibir kering, melakukan kesalahan yang sama dan berulang.

Adalah dengan membahasi bibir saat dalam kondisi kering dan pecah-pecah. Yup, alih-alih ingin menjaga bibir terhidrasi, justru dapat membuatnya semakin kering.

Laman The Healthy menjelaskan bahwa, kebiasaan membahasi bibir dengan air liur adalah salah besar. Bukan menjadikan bibir lembab, malah sebaliknya.

Pakar Dermatologi Neil Sadick menjelaskan bahwa menjilati bibir justru dapat membuatnya jadi lebih kering.

"Itu karena air liur mengandung enzim yang mengeringkan dan mengiritasi kulit bibir," kata Neil Sadick.

Ya, ketika bibir kering, kulit di bibir bisa kencang dan retak. Dibandingkan kamu membasahi bibir dengan jilatan air liur, sebaiknya minum air putih atau oleskan pelembab agar kondisi bibir kering dan pecah-pecah tidak semakin parah.

Pilihlah pelembab bibir yang mengandung natural oil agar dapat melembabkan bibirmu lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa memilih perona bibir yang memiliki formula pelembab bibir yang tahan lama, untuk melembabkan bibirmu sepanjang hari.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya