5 Atlet PON XX Kontingen DKI Jakarta yang Positif Covid-19 Dikhawatirkan Terpapar Varian Baru

Saat ini Dinas Kesehatan Papua juga tengah melakukan tracing kepada kontak erat.

oleh Ika Defianti diperbarui 05 Okt 2021, 15:46 WIB
Ilustrasi Covid-19 (Foto: Shutterstock By Photoroyalty)

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator dokter kontingen DKI Jakarta di PON XX Papua, Junaidi mengaku khawatir lima atlet yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 varian baru. Hal tersebut diduga dari nilai CT valuenya yang rendah.

"CT-nya, jadi kita di Papua curiga, termasuk Dinas Kesehatan Papua juga, ada varian baru yang ada di sini karena melihat dari CT yang terendah," kata Junaidi saat dihubungi, Selasa (5/9/2021).

Saat ini Dinas Kesehatan Papua juga tengah melakukan tracing kepada kontak erat. Junaidi meyakini atlet tersebut kemungkinan terpapar di Papua. Sebab, kata dia, seluruh official dan atlet telah berada di Papua sejak 15 September 2021.

"Mereka juga sudah lama di sini tidak mungkin dari Jakarta, cuma di sini mereka ke mana. Itu yang masalahnya masih mencari," ucapnya.


Isolasi Mandiri

Para atlet yang terpapar tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri di sejumlah RS di Papua. Selain itu dia juga meminta agar para atlet yang telah pulang Jakarta harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan kembali melakukan tes PCR.

"Mereka harus social distancing terhadap keluarganya masing-masing, hari kelima keenam mereka harus tes PCR lagi. Minimal antigen untuk menyelematkan keluarga di rumah," jelas dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya