Dukung Gelaran PON XX Papua, Tengok Sederet Fasilitas RS Modular L.B Moerdani

Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B Moerdani di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu 3 Oktober 2021.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Okt 2021, 21:41 WIB
Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B Moerdani di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu 3 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B Moerdani di Distrik Margamulya, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu 3 Oktober 2021.

Pembangunan rumah sakit ini hasil Kerja sama Operasi (KSO) antara PT PP (Persero) Tbk dan PT Amarta Karya (Persero).

“Proyek pembangunan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani yang berlokasi di Kabupaten Merauke ini diselesaikan hanya dalam kurun waktu 28 hari saja. Proyek yang dimiliki oleh Kementerian Pertahanan RI ini dimulai sejak awal September 2021 dan dapat diselesaikan pada awal Oktober 2021 dengan tetap mengedepankan kualitas hasil pekerjaan PTPP," kata Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Adapun lingkup pembangunan proyek tersebut, meliputi antara lain pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, pekerjaan elektrikal, pekerjaan elektronik, pekerjaan medis (pekerjaan gas medis, bed head, nurse call, dan ventilator), pengadaan alat kesehatan, dan pekerjaan landscape. RS tersebut memiliki total kapasitas tempat tidur sebanyak 201 tempat tidur.

"Dengan telah selesainya pembangunan proyek tersebut, kami berharap RS Modular dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” lanjut Novel.

RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari ruang rawat inap, radiologi, dan farmasi. Tidak hanya itu, di RS tersebut juga terdapat ruang karantina, laboraturium, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan ruang operasi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dukung Pelaksanaan PON XX Papua

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) menyampaikan pidato saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Foto: Istana Kepresidenan)

Sebelumnya, dalam acara peresmian RS tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan dan pasca Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Karena kasus Covid-19 sekarang ini sudah menurun, sudah melandai, ini juga selain mendukungpelaksanaan PON XX di Papua, nanti juga bisa dimanfaatkan pasca-PON melayani seluruh masyarakatyang ada,” ujar Jokowi.

"Ini sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit denganpelayanan kesehatan yang cepat dan mudah dan terjangkau. Saya berpesan agar Rumah Sakit inidimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dannyaman,” ucapnya 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya