Pengakuan Pelaku UMKM di Bogor Gabung dalam Komunitas Binaan Airlangga Hartarto

Sebanyak 340 UMKM di Kota Bogor, tergabung dalam komunitas UMKM usAHA yang dibina oleh Airlangga Hartarto.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Okt 2021, 21:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM usAHAdi Kota Surakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 340 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di enam kecamatan yang ada di Wilayah Kota Bogor, Jawa Barat tergabung dalam komunitas "UMKM usAHA" yang dibina oleh Airlangga Hartarto. UMKM usAHA merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat, yang fokus kegiatanya pada pelatihan UMKM.

Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa mengatakan salah satu program yang sudah berjalan adalah Program Pelatihan WirausAHA Maju.

Tidak hanya di Kota Bogor, UMKM usAHA ternyata juga ada di wilayah lain. Di Jawa Barat total ada 4.111 UMKM, dan secara keseluruhan hingga saat ini ada sekitar 11 ribu UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA.

Jumlah tersebut masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM. Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.

"Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM," kata dia dikutip Antara, Minggu (10/10/2021).

Sementara itu, salah satu UMKM usAHA yakni Tauco Karunia Mandiri milik Nunung Anisah (58 tahun), di Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, menuturkan awalnya dia diajak bergabung oleh teman adiknya, yang lebih dulu bergabung dan menjadi salah satu koordinator UMKM.

Nunung kemudian didaftarkan dalam program pelatihan WirausAHA Maju. Dia pun mengikuti proses pelatihan secara online melalui aplikasi zoom. "Dari pelatihan saya mendapat pengetahuan baru tentang cara pemasaran," kata Nunung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sangat Bermanfaat

Hal itu dirasa sangat bermanfaat, pasalnya saat imbas PPKM, tauco yang biasanya ia jajakan di pasar mulai sepi pembeli. Oleh karena itu Nunung ingin memperluas pemasarannya dengan cara berjualan online. "Biasanya saya jual ke Pasar Ciawi, ke Pasar Bogor (Sukasari), sama ke warung-warung. Tapi sekarang sepi," ujarnya.

Nunung mengaku tidak asing dengan sosok Airlangga Hartarto. Masih jelas di ingatan Nunung ketika dirinya hadir sebagai peserta seminar Industri Kecil Menengah (IKM), di mana Menko Airlangga (saat menjabat Menteri Perindustrian) membimbing para wirausahawan yang hadir kala itu.

"Dulu saya aktif ikut seminar sama komunitas-komunitas UKM. Lupa itu tahun berapa, ketemu Pak Airlangga di Mall Botani Square, acara seminar IKM. Saya dengar pidato Pak Airlangga, katanya mau memajukan usaha-usaha kecil masyarakat" ujar Nunung.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya